Kenapa Bacaan Ketika Hendak I`tidal Berbeda?

Penulis Unknown | Ditayangkan 28 Jan 2017
Shalat merupakan perintah Allah SWT yang langsung diberikan kepada Rasulullah SAW Saat perjalanan isra’ mi’raj.Umat muslim Pasti tahu betul, betapa pentingnya shalat untuk kita laksanakan.

Kenapa Bacaan Ketika Hendak I`tidal Berbeda?

BACA JUGA: Ini Tanda Seseorang Disukai Allah SWT

Namun pasti sahabat muslim pernah terlintas di pikiran, kenapa bacaan saat bangun dari ruku’ atau I’tidak berbeda dari gerakan-gerakan lainnya (kecuali salam)? Ternyata dari i’tidal ini, ada sesuatu yang khas daripada gerakan shalat yang lain.

Dikutip dari inspiradata, Ketika gerakan shalat lain menggunakan bacaan takbir ‘Allaahu akbar’, ketika hendak mengerjakannya. Dalam i’tidal, bacaannya tasmi’ atau ‘Sami’allaahu liman hamidah’, betul bukan?

Ada banyak riwayat yang menjelaskan mengenai hal ini, berikut salah satu sumber menjelaskan:

Sebab pada bacaan ‘Sami’allaah liman hamidah’ adalah sesungguhnya Abubakar As-Siddiq RA, tidak pernah ketinggalan shalat di belakang Rasulullah SAW. Pada suatu hari ketika hendak shalat ‘Ashar beliau terlambat dan menyangka tidak sempat shalat di belakang Rasulullah,

Beliau sangat menginginkan agar bisa shalat bersama Rasulullah, beliau berlari dan memasuki masjid rupanya beliau mendapatkan Rasulullah sedang membaca takbir dalam ruku’ maka beliau memuji Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah dan kemudian bertakbir shalat mengikuti Rasulullah,

Kenapa Bacaan Ketika Hendak I`tidal Berbeda?

Datanglah malaikat Jibril kepada Rasulullah. Saw yang sedang ruku’ dan mengatakan: “wahai Muhammad Allah telah mendengar orang yang memujinya maka bacalah ‘Sami’a Allahu Liman Hamidah’.

Dalam riwayat lain disebutkan “Jadikanlah kalimat itu sebagai bacaan salat kalian” maka Rasulullah membacanya ketika bangkit dari ruku’ padahal sebelum itu beliau bangkit dari ruku’ dengan mengucapkan “Allahu Akbar”.
SHARE ARTIKEL