Ibu Juga Butuh "Me Time", Karena Menjadi Ibu Tak Hanya Sebagai Pengurus Keluarga

Penulis Unknown | Ditayangkan 02 Jan 2017

Ibu Juga Butuh

Menjadi seorang ibu rumah tangga, bukan hanya sebagai pengurus rumah dan keluarga. Peran ganda yang dimiliki seorang ibu yang harus memilah waktunya untuk suami dan juga anak, atau melakukan pekerjaan diluar sering membuat kepenatan dan stres lebih gampang melanda. Oleh karena itu, banyak ibu-ibu yang sedikit cemas dengan kesehatan mereka karena lelah bekerja.

Baca juga : Jadi Orangtua Single? Tak Perlu Merasa Bersalah Kepada Anak Karena "Sedang" Sendiri

Karenanya, seorang ibu juga perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau dikenal dengan istilah 'me time'. Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina ini mengatakan, seorang ibu sangat butuh me time agar tidak mudah stres. Apalagi hampir setiap hari menjalani rutinitas untuk mengurus anak, rumah, hingga pekerjaan.

"Kalau mama stres, nanti bisa pengaruh ke banyak hal, bagaimana mengasuh anak-anaknya," kata Nina.

Meskipun tak harus pergi ke salon atu spa, bisa juga dilakukan dengan singkat dan sederhana. Seperti apa saja kegiatan memberi waktu bagi diri sendiri yang singkat?

Pertama, bisa dengan menarik napas panjang dengan tenang selama beberapa kali. Kemudian, duduk dengan santai dan nyaman tanpa melakukan maupun memikirkan apapun. Bisa juga dengan melakukan peregangan maupun yoga. Berikut ini cuplikan bagaimana ibu-ibu melakukan yoga untuk mengurangi kepenatan. Simak disini.


Baca juga : Jangan Malu Ketika Cengeng di Depan Umum, Pertanyaannya, Berbahayakah Jika Menahan Tangis?

Melakukan hal-hal sederhana yang disukai juga termasuk me time, seperti sekedar  menikmati minuman kesukaan, atau mendengarkan lagu-lagu favorit. Saat mulai penat, cucilah wajah dan rasakan sejumlah masalah di raut wajah meluruh bersama air.

Para ayah pun sebaiknya memahami ibu ketika harus me time. Sebab, meluangkan waktu hanya untuk diri sendiri bukan berarti ingin melepas tanggung jawab. Dengan me time sejenak, seorang ibu justru dapat kembali menjalani rutinitasnya seperti suasana baru dan akan penuh semangat.
SHARE ARTIKEL