Efek Samping dan Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil

Penulis Penulis | Ditayangkan 26 Jan 2017

Efek Samping dan Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil

Jengkol merupakan lalapan yang sering dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Jengkol bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah dan bisa juga diolah dengan tambahan rempah-rempah.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai efek samping dan manfaat jengkol untuk ibu hamil.

Jengkol memiliki aroma yang aneh dan mungkin hal tersebut yang menyebabkan tidak semua orang menyukai makanan yang satu ini.

Namun tahukah Anda, dibalik aromanya yang aneh ternyata khasiat jengkol untuk ibu hamil sangat luar biasa. Apa saja manfaat jengkol untuk ibu hamil? Berikut ini penjelasannya!

Manfaat Jengkol Bagi Ibu Hamil

1. Melengkapi kebutuhan kalsium

Jengkol bisa dijadikan salah satu makanan ibu hamil karena memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk membantu mengoptimalkan pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu, manfaat lainnya yaitu untuk memelihara otot ibu hamil.

2. Mencegah osteoporosis

Manfaat jengkol yang selanjutnya yaitu untuk mencegah osteoporosis pada ibu hamil. Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama bahwa jengkol memiliki kandungan kalsium.

BACA JUGA : 6 Trik Jitu Menjaga Sholat Lima Waktu, Kamu Wajib Coba!

Nah, dengan mengkonsumsi jengkol maka kebutuhan kalsium ibu hamil dan janin akan tercukupi sehingga hal ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu ibu hamil akan terhindar dari pengeroposan tulang selama hamil.

3. Mencegah sembelit

Jengkol memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga efektif dalam menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil. Dengan begitu maka akan membantu mengatasi keluhan pada waktu hamil seperti gejala sembelit.

4. Mencegah anemia

Jengkol memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Nutrisi tersebut berperan penting dalam membantu pembentukan hemoglobin darah.

Ibu hamil sangat rentan terkena penyakit anemia sehingga dengan mengkonsumsi makanan tersebut mampu mengatasi permasalahan tersebut.

5. Meningkatkan sistem imun

Kandungan protein pada jengkol berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

Selain itu, protein juga berguna sebagai zat pembangun yang mengatur kinerja enzim serta hormone di dalam tubuh.

6. Kaya fosfor

Di dalam jengkol memiliki kandungan fosfor yang lumayan tinggi. Manfaatnya yaitu untuk penyimpanan dan pengeluaran energi.

Selain itu, nutrisi tersebut berperan penting dalam menyeimbangkan pH tubuh dan menjaga kekebalan tubuh ibu hamil.

Efek Samping Jengkol Bagi Ibu Hamil

Jengkol tidak membahayakan kehamilan jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat dan tidak berlebihan.

Efek samping jika terlalu berlebihan yaitu akan mengakibatkan kinerja ginjal menjadi lebih berat karena pengaruh dari asam jengkolat.

Keluhan yang akan dirasakan oleh ibu hamil diantaranya yaitu pegal-pegal atau sakit pinggang yang parah. Masyarakat sunda biasa menyebutnya dengan istilah “jejengkoleun”
SHARE ARTIKEL