Ciri-ciri Orang yang Shalatnya Khusyuk Ini Jarang Disadari

Penulis Unknown | Ditayangkan 17 Jan 2017

Shalat 5 waktu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Sadarkah kita, dengan menjadi seorang muslim  ternyata membuat kita menjadi umat paling beruntung di seluruh alam semesta? Agama islam memang menjadi agama paling sempurna dari semua agama yang ada dan begitu juga umatnya.

Ciri-ciri Orang yang Shalatnya Khusyuk Ini Jarang Disadari

BACA JUGA: Tak Banyak yang Tahu! Inilah 3 Waktu Membaca Ayat Kursi Paling Diijabahi

Selain menjalani shalat 5 waktu, Allah SWT juga menganjurkan kita untuk shalat dengan khustuk. Allah Swt. berfirman, “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk’ dalam sembahyangnya,” (QS. Al Mu’minun [23] : 1-2).

lalu seperti apa orang yang khusyuk tersebut?


Dikutip dari islampos, Shalat yang khusyuk adalah shalat yang terjaga konsentrasinya, terjaga ketertibannya, ketenangannya dan fokusnya untuk fokus pada Allah Swt. Semakin terampil seseorang shalat khusyuk maka akan semakin terampil pula ia menjaga perilakunya. Ia menjadi disiplin dalam menjaga sikapnya dan ucapannya.

Orang yang shalatnya khusyuk juga terpelihara lisannya. Pantang ia berkata-kata yang tidak berguna apalagi mengandung dosa. Ia hanya mau menggunakan lisannya untuk ucapan-ucapan yang bermanfaat dan disukai Allah Swt. Semakin banyak ucapan yang tidak berguna, semakin banyak ghibah, semakin banyak celetak-celetuk yang sia-sia, maka harus semakin kuat kita memeriksa shalat kita apakah khusyuk atau tidak.

Sedapat mungkin ia menghindari sikap dan ucapan yang mengundang dosa atau sia-sia. Maasyaa Allah, inilah salah satu hikmah luar biasa dari ibadah shalat. Disinilah kita bisa mengerti mengapa shalat itu bisa menyelamatkan pelakunya dari perbuatan keji dan munkar.

BACA JUGA: Ketika Hijab Ditarik, Reaksi Muslimah Ini Benar-benar Diluar Dugaan

Orang yang khusyuk shalatnya maka akan terjaga pula kedisplinan dan perlikaunya. Marilah kita menjaga shalat dan iman kita, terus melatih diri untuk bisa menunaikan shalat yang benar dan khusyuk.
SHARE ARTIKEL