Cantik! 6 Bunga Langka Ini Mekar di Awal Tahun 2017

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 03 Jan 2017

Cantik! 6 Bunga Langka Ini Mekar di Awal Tahun 2017
gambar: brilio

Indonesia memiliki 3 bunga yang ditetapkan menjadi bunga nasional. Bunga nasional Indonesia tersebut disebut juga sebagai puspa nasional. Ketiga bunga atau puspa nasional adalah bunga melati putih (Jasminum sambac (L.) Aiton) sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis (L.) Blume) sebagai bunga pesona, dan bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii R.Br.) sebagai puspa langka.

Memasuki awal 2017, ada fenomena langka yang terjadi di Bengkulu. Fenomena tersebut terkait dengan mekarnya enam bunga atau puspa langka yang tumbuh di kawasan hutan lindung Bengkulu.

Sebanyak enam puspa langka mekar secara beriringan. Tiga diantaranya Rafflesia arnoldi dan tiga buah sisanya bunga kibut atau Amorphopalus. Keenam bunga yang hanya berjarak 3 kilometer itu mekar dengan sempurna.

Ketua Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Tengah, Ibnu, mengatakan bahwa satu bunga Rafflesia arnoldii warna merah muda sudah mekar terlebih dahulu menjelang malam tahun baru kemarin (31/12/2016).

Baca Juga: Astaga, Suami Ngambek Hingga Baru Menegur Istrinya Setelah 20 Tahun dan Lihat yang Terjadi

Satu bunga Rafflesia berwarna oranye saat ini sedang mekar sempurna dan satu lagi yang jarang terjadi, Rafflesia arnoldii warna merah bergandengan atau biasa disebut Rafflesia kembar akan mekar sempurna dalam tujuh hari ke depan.

Cantik! 6 Bunga Langka Ini Mekar di Awal Tahun 2017
Gambat UAJY

“Rafflesia kembar sudah kami tangkar dan siap mekar sempurna sepekan ke depan,” ungkap Ibnu pada Senin (2/1/2017) seperti dilansir dari liputan6.com.

Posisi mekarnya Bunga Rafflesia berada di kilometer 49 di jalur penghubung antara kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kepahiang. Pada jalur yang sama atau tepatnya di kilometer 52, dua unit bunga kibut atau Amorphopalus tatanum dengan kelopak ungu dan kepala bunga berwarna kuning setinggi 2,5 meter juga tengah mekar.

Baca Juga: Jika Diperhatikan, Ada Objek Tersembunyi di Tiap Uang Kertas Rupiah. Berikut Penjelasanya!

Ketua Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan (LP2L) Kabupaten Kepahiang Holidi mengungkapkan, satu dari dua bunga kibut ini mekar bertepatan dengan malam tahun baru 2017.

Satu lagi bunga berukuran 2,7 meter akan mekar sempurna pada 4 Januari 2017. Sedangkan, satu bunga kibut jenis Amorphopalus gigas diperkirakan akan mekar pada pekan depan dengan ketinggian 3 meter.

“Sudah lebih dari 3 ribu pengunjung yang datang ke sini dalam dua hari ini,” ujar Holidi.

Di lokasi itu juga pernah mekar bunga raksasa yang diperkirakan merupakan bunga terbesar di dunia jenis Amorphopalus titanum setinggi 4 meter pada akhir 2016 lalu.

SHARE ARTIKEL