Terkuak, Ahmad Dhani Dipecat Dari Pengurus NU Karena...

 09 Dec 2016  Penulis
Ketua PP Lesbumi NU KH Agus Sunyoto angkat bicara mengenai kabar pemecatan Ahmad Dhani dari posisi Wakil Ketua PP Lesbumi NU Periode 2015-2020.

Terkuak, Ahmad Dhani Dipecat Dari Pengurus NU Karena...

Lesbumi NU adalah salah satu lembaga di bawah naungan NU yang bertugas melaksanakan kebijakan di bidang pengembangan seni dan budaya.

Menurut Agus Sunyoto Ahmad Dhani diberhentikan bukan hanya karena statusnya di Twitter yang menyamakan Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari sang pendiri NU dengan petinggi FPI Rizieq Shihab.

Sejumlah sikap Ahmad Dhani dianggap tak lagi sesuai dengan nilai-nilai Lesbumi dan NU turut berkontribusi atas keputusan pemecatan ini.

Salah satu yang paling mendapat sorotan adalah aksi Ahmad Dhani pada November lalu saat berorasi di depan masa unjuk rasa di Jakarta.

Saat itu Dhani diberitakan melontarkan kata-kata tak patut saat menyindir Presiden Joko Widodo.

"Banyak sikap dia yang bikin dipecat. Salah satunya saat orasi (terkait dugaan penghinaan Kepala Negara). Itu masalah hukum kita gak mau bermasalah dengan hukum," kata KH Agus Sunyoto seperti yang dikutip dari Tribunnews.com Jumat (9/12/2016).

KH Agus Sunyoto yang berada di Malang saat dihubungi Tribunnews.com, mengatakan Lesbumi NU tak akan memberi bantuan pendampingan hukum apapun atas kasus yang menjerat Ahmad Dhani.

"Masalah ini tidak kita bantu, karena di NU sudah jelas. NU identik dengan santri, bahwa para santri harus menghormati pemimpin itu masalah moral, tak boleh merendahkan," kata Agus Sunyoto.

PP Lesbumi NU segera mengirimkan tembusan surat pemberhentian Ahmad Dhani sebagai Wakil Ketua PP.

Namun Agus Sunyoto menambahkan bahwa kendati menerima pelantikan sebagai pengurus sejak setahun lalu, Ahmad Dhani tak pernah aktif di organisasi. Lesbumi NU menilai Ahmad Dhani tak berkontribusi sama sekali.

"Selama ini tak pernah aktif. Ditelpon saja gak nyambung," ujarnya.