Sedih! Selama 76 Tahun, Ternyata Papua Tidak Pernah Merasakan Listrik Negara

Penulis Unknown | Ditayangkan 18 Dec 2016

Pada Desember 2016 lalu, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Papua dan Papua Barat mendistribusikan listrik ke 60 desa. Penyaluran itu diberikan sebagai kado Natal bagi masyarakat Papua dari BUMN Kelistrikan tersebut.

Sedih! Selama 76 Tahun, Ternyata Papua Tidak Pernah Merasakan Listrik Negara

BACA JUGA: Tas Trendi Berbentuk Unik Ini Tiba-tiba Jadi Viral Bagi Para Traveller Jepang

DIkutip dari Merdeka, GM PLN Papua dan Papua Barat, Yohannes Sukrislismono, mengatakan penyaluran listrik ke 60 desa tersebut ditargetkan selesai pada 24 Desember 2016. Dua desa yang baru saja menikmati layanan listrik PLN ialah Puay dan Yokiwa. Untuk mencapai desa tersebut, dibutuhkan waktu dua jam dari Kota Jayapura.

Perjalanannya melewati tepian danau Sentani. Hal itu dilakukan karena 2 desa ini selama 76 tahun tidak pernah merasakan listrik sama sekali sejak 1940 lalu. Bahkan, dalam beberapa tahun silam, para penduduk harus merelakan tidur dan bermain dalam keadaan gelap gulita di malam hari.

Sebelum mendapatkan aliran listrik, desa ini hanya memanfaatkan genset pemberian Pemkab Jayapura. Namun, tak bisa beroperasi hingga 24 jam. Listrik menyala hanya saat sore menjelang malam hari.

"Listrik ini merupakan anugerah dari Tuhan. Kami berterima kasih kepada PLN karena memberikan listrik setelah sekian lama terbangunnya desa ini. Dulu, kami hanya memakai genset," ujar Kepala Desa Puay, Enos.

Sedangkan, Desa Yokiwa yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Desa Puay memiliki kondisi yang lebih parah. Rumah penduduk yang berjarak hampir 10 meter belum mendapatkan aliran listrik sama sekali.

SHARE ARTIKEL