Sebelum Meminjam Uang ke Bank, 6 Hal ini Harus Anda Pertimbangkan dengan Matang

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 19 Dec 2016
Sebelum Meminjam Uang ke Bank, 6 Hal ini Harus Anda Pertimbangkan dengan Matang
Saat mau pinjam uang anda harus mempunyai perhitungan yang benar-benar masak

Saat ini Anda harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Jika tidak dapat membedakan kedua hal tersebut maka Anda merasa pendapatan Anda tidak pernah cukup.

Kemudian Anda mengambil salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan adalah dengan cara berutang, dan Anda berkewajiban menyicil atau membayar beban utang tersebut

Baca Juga: SALUT! Gadis Cantik Ini Tak Malu Jadi Kuli Bangunan

Memilih meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan harus diperhatikan sebaik mungkin. Berikut adalah cara untuk berutang dengan baik yang kami kutip dari detik finance:

1. Hindari Kesalahan Dalam Berutang

Pinjam uang sesuai dengan kebutuhan dan batasi jumlahnya. Hal ini penting untuk menghindari masalah soal meminjam uang. Pinjaman yang berlebih akan memberatkan Anda saat proses pengembalian.

2. Pelajari Kebijakan Pinjaman

Sebelum menyetujui pinjaman, pelajari terlebih dahulu tentang kebijakan yang diberikan lembaga keuangan yang Anda pilih. Pelajari tentang hak dan kewajibanAnda. Hal ini sangat penting agar Anda tidak terjebak dengan aturan yang diberikan lembaga keuangan. Meskipun Anda sedang membutuhkan dana bukan berarti Anda mengabaikan hal ini.

3. Survei

Sebelum memutuskan lembaga untuk meminjam uang, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu tentang kredibilitas lembaga keuangan yang akan Anda pilih. Jangan sampai Anda mengambil keputusan yang salah. Pilih lembaga keuangan yang dijamin pemerintah karena akan menjamin transaksi keuangan Anda.

4. Tentukan Jangka Waktu

Umumnya besarnya angsuran ditentukan dari jangka waktu pinjaman. Semakin panjang jangka waktu yang Anda pilih maka semakin kecil jumlah angsurannya dan bunganya semakin besar. Perhitungkan lamanya pinjaman, agar Anda dapat memperhitungkan keuangan Anda di masa depan.

5. Perhitungkan Bunga Pinjaman

Setiap pinjaman uang dari lembaga keuangan selalu dikenakan bunga. Meskipun bunga pinjaman sudah diatur oleh pemerintah, ada baiknya Anda menghitung dana yang harus Anda kembalikan beserta bunganya. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang dapat berdampak pasa masa depan.

6. Rencana Pembayaran

Bagaimana Anda akan membayar utang. Tentukan rencana pendapatan yang akan Anda gunakan. Batas maksimal besarnya angsuran pinjaman adalah 30% dari jumlah pendapatan. Meminjam uang memang mudah, tapi Anda juga perlu mengatur keuangan Anda agar tidak ada masalah dengan rencana keuangan Anda di masa yang akan datang

Dalam mengajukan pinjaman sesuaikan dengan kebutuhan dan pendapatan Anda. Ambil keputusan dengan bijak sebelum Anda mengajukan pinjaman kepada Bank. Apakah Anda meminjam uang kepada bank untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
SHARE ARTIKEL