Demi Ungkap Pungli SIM, Aiptu Tutut Rela Menyamar Jadi Penjual Gorengan. Ini Kisahnya

Penulis Unknown | Ditayangkan 05 Dec 2016

Praktik pungutan liar atau pungli kini kian meresahkan warga Indonesia. Untuk menekan praktik ini, berbagai upaya terus dilakukan. Seperti yang dilakukan polisi ini demi mengungkap praktik pungli Surat Izin Mengemudi (SIM).

Demi Ungkap Pungli SIM, Aiptu Tutut Rela Menyamar Jadi Penjual Gorengan. Ini Kisahnya

BACA JUGA: Ulat Lucu yang Mirip Rambut Donald Trump Ini, Ternyata Beracun

Dikutip dari Merdeka, untuk menjalankan aksinya, dia rela menyamar sebagai penjual gorengan dan penyapu jalan. Tujuannya hanya satu, yakni untuk memantau dugaan praktik pungli di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Hasilnya pun sungguh mengejutkan. Calo SIM yang selama ini berkeliara disekitar Satgas SIM Daan Mogot, berhasil diringkus. "Saya mendapat perintah dari atasan untuk mengungkap kasus percaloan SIM di Daan Mogot yang marak dikeluhkan oleh masyarakat," ujar Tutut. Demikian dikutip dari Facebook Divisi Humas Mabes Polri, Senin (5/12).

Pria asal Purworejo, Jawa Tengah, itu mengakui dari laporan yang masuk ke kepolisian, praktik percaloan untuk pembuatan SIM, warga dipalak Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta.

Awalnya dia bingung bagaimana cara untuk mengungkap praktik pungli tersebut. Tiba-tiba ide muncul untuk menjadi seorang penjual gorengan. Ia juga membawa gerobak agar tidak ketahuan dan lebih meyakinkan. "Banyak temen-temen sesama anggota polisi tidak ada yang mengenali saya," cerita Tutut.

Dari penyamaran ini, dia tahu siapa-siapa yang melakukan praktik percaloan. Dia lantas menginformasikan kepada tim Satpas calo-calo yang berkeliaran dan langsung ditangkapi. Penyamaran yang dilakukan selama ini diklaimnya cukup membantu dirinya mendapatkan informasi.

"Terkadang saya juga jadi penyapu jalanan. Banyak informasi yang saya dapat," terangnya.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuat SIM maupun perpanjangan dengan memanfaatkan jasa calo. "Lebih baik bertanya langsung dari pada bertanya pada orang yang tidak dikenal," imbau Tutut."

Atas keberhasilan mengungkap praktik percaloan dan juga penipuan di lingkungan Satpas SIM Daan Mogot, Aiptu Tutut mendapat penghargaan dari pimpinannya melalui Dirlantas dan Kasie SIM.

SHARE ARTIKEL