Mencicipi rasa "Buah dari Surga" yang Rasanya Nikmat Tak Terkira

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 05 Oct 2016

Mencicipi rasa

Buah dari surga, tentunya kita sudah membayangkan bagaimana suasana di surga? Seperti apa makanan dan minuman disana. Cuma dibayangan kita saja, karena sejatinya belum ada manusia yang mengetahui bagaimana surga itu.

Mencicipi rasa

Nah, bagaimana ceritanya kok ada buah dari surga di bumi ini. Inilah Gac, buah langka yang memiliki julukan fruit from heaven. Bagian luarnya berwarna oranye kemerahan, dengan duri tumpul yang memenuhi permukaan. Begitu dibuka, bagian dalamnya mirip markisa namun berwarna merah darah.

Mencicipi rasa

Saturday Night Market di Chiang Mai, Thailand ya disitulah salah satu lapak yang menjual buah Gac ini. Lapak Gac Fresh Juice terhimpit di antara penjual pakaian dan cenderamata. Posisinya agak ke belakang jalan. Meski begitu, daging buah yang berwarna merah darah akan membuat rasa penasaran anda, jika anda berkesempatan ke Thailand cobalah kesana.

Mencicipi rasa
Sabtu malam, warga dan wisatawan di Chiang Mai berbondong-bondong menyambangi Wui Lai Street untuk berburu kuliner dan suvenir. Foto kompas travel.

Gac, alias Momordic cochonchinensis, adalah buah langka yang ditemukan di negara-negara Asia Tenggara khususnya Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Orang Thailand menyebutnya sebagai fahk khao sementara penduduk Myanmar menyebutnya taw thabu. Orang barat menyebutnya Spiny Bitter Gourd, Sweet Gourd atau Cochinchin Gourd.

Namun secara keseluruhan, buah ini terkenal dengan julukan fruit from heaven atau buah dari surga. Buah ini hanya tumbuh selama dua bulan dalam setahun, biasanya Desember dan Januari.

"Rare fruit, rare fruit. Come, taste," tutur wanita penjual jus buah Gac dikutip dari kompas travel.

Wanita itu kemudian mengambil sendok plastik, memasukkannya ke dalam buah Gac, dan menawarkan dagangan buah Gac-nya untuk dicicipi. Meski penampilannya merah merona, rupanya Gac tidaklah manis. Buah ini terasa asam, dengan sedikit saja rasa manis. Teksturnya lembut, mirip markisa, demikian dikutip dari kompas travel.

Baca Juga : Sedang Asyik Buka Aplikasi Live di Bigo, Remaja ini Dikagetkan Pocong

Satu botol jus buah Gac hanya dibanderol 400 baht (Rp 15.000). Karena rasanya yang terlalu asam, si penjual mencampurnya dengan buah markisa yang manis segar. Perpaduan rasa dua buah ini benar-benar nikmat!

Banyak alasan Gac dijuluki fruit from heaven. Buah ini memiliki sangat banyak manfaat, terutama jumlah beta-carotene (vitamin A) dan lycopene yang sangat tinggi. Kandungan beta-carotene dalam buah Gac jauh lebih tinggi dibanding wortel atau ubi ungu. Buah ini memiliki tingkat gula rendah, sehingga baik untuk diabetes hingga mengobati kanker.

Mencicipi rasa

Ibu penjual ini menyarankan agar juz buah ini diminum dalam kondisi dingin.

"Keep it cool, it's good for the vitamins," imbuhnya.

Penasaran? Atau anda sudah pernah mencoba? Jika sudah ceritakan di kolom komentar.

SHARE ARTIKEL