Aksi Demo 4 November, Jokowi Menanggapi: Demonstrasi adalah Hak Demokratis Warga

Penulis Cang Karna | Ditayangkan 31 Oct 2016

Aksi Demo 4 November, Jokowi Menanggapi: Demonstrasi adalah Hak Demokratis Warga

Tentang aksi besar-besaran yang akan digelar pada hari Jumat, 4 November mendatang terkait protes atas pernyataan Ahok yang diduga menistakan agama, beginilah respon Presiden Jokowi.

Dilansir dari detik, Jokowi menyampaikan "Demonstrasi adalah hak demokratis warga, tapi bukan hak memaksakan kehendak dan bukan hak untuk merusak".

BACA JUGA : Polisi Siap Antisipasi Pengunjuk Rasa 4 November Dari Luar Jakarta

Jokowi mengatakan pemerintah akan menjamin hak menyampaikan pendapat, tapi juga akan mengutamakan ketertiban umum. Selain itu, Jokowi sudah memerintahkan aparat keamanan untuk siaga mengawal aksi tersebut.

"Aparat keamanan sudah saya minta bersiaga dan melakukan tugas secara profesional jika ada tindakan anarkis oleh siapa pun," kata Jokowi.

Aksi itu akan digelar beberapa kelompok umat Islam pada Jumat (4/10) mendatang. Aksi ini buntut dari pernyataan Ahok yang menyinggung surat Al Maidah ayat 51 dalam pidatonya di Kepulauan Seribu. Atas pernyataan itu, Ahok juga dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama.

Kasus itu masih bergulir di Bareskrim dan Ahok sudah memberi kesaksian. Aksi 4 November nanti akan turut dihadiri beberapa tokoh di antaranya Fadli Zon dan Fahri Hamzah, termasuk tokoh-tokoh Islam seperti Aa Gym dan lainnya.
SHARE ARTIKEL