Di China 1 Kantong Plastik Berisi Udara, Laris Dijual dengan Harga 2 Ribu Rupiah

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 24 Sep 2016
Di China 1 Kantong Plastik Berisi Udara, Laris Dijual dengan Harga 2 Ribu Rupiah

Sebuah pusat perbelanjaan di kota Xi'an, provinsi Shaanxi, menjual berkantong-kantong udara segar yang menurut mereka dihargai sangat murah, yaitu 1 yuan atau sekitar Rp 2.000 per kantong. Kenapa bisa sampai seperti ini padahal manusia diberikan udara gratis di dunia oleh Sang Pencipta, namun di China, udara segar dijual dalam kantong-kantong besar.

Kantong-kantong ini disebut-sebut berisi udara yang diambil dari tempat yang udaranya masih sangat bersih daripada di Xi'an.

Di China 1 Kantong Plastik Berisi Udara, Laris Dijual dengan Harga 2 Ribu Rupiah

Dikutip dari laman Shanghaiist, Jumat (23/9), polusi udara di Xi'an mencapai 65 mikrogram per meter kubik. Hal ini jelas di atas standar kesehatan udara yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu sebesar 25 mikrogram per meter kubik.

Xi'an memang dikenal sebagai salah satu dari sekian banyak kota besar di China dan mengalami masalah asap kronis. Tentunya ini bukan berita bagus bagi masyarakat kota tersebut.

Baca Juga : Ingat Foto Pejabat yang Digendong Saat Banjir, Lalu Dipecat? Faktanya Diluar Dugaan, Kasihan...

Penelitian pada 2014 menyebutkan, jumlah rakyat China didiagnosa menderita kanker paru-paru sebanyak 4 juta orang dari total seluruh masyarakat Negeri Tirai Bambu itu. Sedangkan pada 2010, 3 juta orang tewas akibat kanker paru-paru dan penyakit gangguan pernapasan lainnya.

Meski demikian, penjualan udara bersih di China ini dianggap sebuah langkah inovatif. Para pengusaha muda ini mencari uang dengan mengikuti cara pemasaran yang sama dengan yang dilakukan di Kanada dan Australia, yakni menjual dengan harga sangat terjangkau. Lihat polusi yang terjadi di China ini.


Sejak kantong-kantong berisi udara bersih dijual di pusat perbelanjaan Xi'an, masyarakat berbondong-bondong untuk membelinya demi udara segar.
SHARE ARTIKEL