Yang Pelitpun Akan Rajin Beramal, Bila Bentuk Kotak Amalnya Seperti Ini.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 01 Jul 2016

Yang Pelitpun Akan Rajin Beramal, Bila Bentuk Kotak Amalnya Seperti Ini.
Kotak amal bentuk kuburan
Menaruh kotak amal dimasjid atau ketika shalat jum’at atau shalat Ied kotak amal diedarkan pada jamaah hanya untuk mempermudah jika jamaah ingin beramal menyisihkan sebagian rezekinya. Tanpa ada unsure paksaan, karena beramal harus ikhlas dimulai dari diri individu masing-masing.

Pada umumnya di berbagai masjid memang selalu disediakan kotak amal. Sebab, benda itu yang digunakan pengurus masjid untuk mendapatkan sumbangan yang kemudian digunakan untuk kepentingan masjid. Biasanya, bentuk dari kota amal ini berbentuk persegi atau persegi panjang.

Namun, nyatanya tidak semua masjid melakukan hal yang sama. Hal ini terlihat pada salah satu masjid. Pada masjid ini terlihat kotak amalnya tergolong aneh. Pasalnya, kotak amal itu berbentuk kuburan. Lantas, bagaimana dengan perasaan warga saat mendekati kotak amal itu?

Pengurus Masjid shalatul Khair di Jalan Baji Dakka 1 Kelurahan Karanganyer, Kecamatan Mamajang, Makassar, Sulawesi Selatan, memiliki suatu cara unik untuk mengajak jemaahnya mengingat kematiannya kelak. Mereka menggunakan sebuah kotak amal yang dibentuk seperti sebuah kuburan.

Menurut seorang pengurus masjid, Andi Amin, kotak amal sengaja dibuat berbentuk kuburan dengan tujuan untuk mengajak masyarakat mau berinvestasi kepada akhirat dan mengingat kematiannya.

“Itu hanya cara kita bagaimana mengingatkan para jemaah agar mau beramal sebagai tabungan akhirat kelak di kala mereka meninggal,” kata Amin kepada Liputan6,  Makassar.

Kotak amal berbentuk kuburan itu biasanya akan diedarkan para jamaah di antara saf salat kala mereka menunaikan ibadah Jumat. Jadi, dimulai dari depan kotak itu terus berjalan di setiap shaf diantara para jamaah. Usai itu, kotak amal diletakkan di sudut masjid.

Namun begitu, kotak amal tersebut diakuinya mampu membuat warga ‘takut’ akan bekal yang dibawa setelah kematian itu. Mereka pun akhirnya tergerak hatinya untuk mengisi kotak tersebut dengan sejumlah uang yang mereka miliki.

“Dan Alhamdulillah sejak kotak amal kita taktisi demikian ada beberapa manfaatnya juga, selain mengundang kagum banyak jamaah, juga hati mereka tergerak hatinya untuk menyumbang ke kotak amal dengan tujuan mengingat mati dan jadikan amal sebagai bekal akhirat nanti,” terang Amin.

Baca Juga :  Astagfirullah, Tradisi Tukar Uang Saat Lebaran, Dosanya Lebih Besar Daripada Berzina.

Kotak amal berbentuk kuburan itu terbuat dari kayu. Lalu di bagian bawahnya diberi roda agar mudah didorong dari jamaah ke jamaah lain tanpa harus susah payah untuk mengangkatnya.
“Ide ini awal dari rembuk pengurus bagaimana membuat inovasi agar jamaah ingin bersedekah atau beramal untuk pembangunan masjid ini. Tujuannya adalah agar masjid ini tetap bersih dan nyaman digunakan untuk beribadah,” ucap Amin.

Beramal dari kumpulan itulah akhirnya diputuskan untuk membuat kotak amal berbentuk kuburan. Hasilnya pun juga berhasil. Sebab dengan itu para jamaah menjadi takut akan dirinya ketika sudah meninggal kelak. Dengan itu, banyak dari mereka yang memberikan sumbangan pada masjid ini. Cara seperti ini kebanyakan dilakukan pada hari jum’at. Pada hari itu, kotak berbentuk kuburan ini berjalan dari jamaah ke jamaah lain untuk mencari sumbangan.

Kreatif  banget ya, dakwah secara diam diam, tapi sangat menohok. Jadi yang kurang amalnya ingat sama bekal saat mati. Bagi para pengurus masjid mungkin ini bisa ditiru.
SHARE ARTIKEL