Terapkan 3 Tips ini, Agar Orangtua Melek Teknologi!

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 28 Jul 2016

Terapkan 3 Tips ini, Agar Orangtua Melek Teknologi!
Orang tua jangan gaptek
Di era seperti ini perkembangan tekhnologi memang sangat cepat. Anak-anak masa kini lebih cepat belajar tentang tekhnologi yang pada umumnya melalui gadget, yaitu smartphone, notebook, alat – alat video game dan lain sebagainya.

Mirisnya, terkadang anak-anak yang masih kecil bahkan yang belum sekolah lebih bisa bermain smartphone daripada orangtuanya. Kenapa miris? Ya tentu saja, orang tua memberikan sesuatu kepada anaknya tanpa disadari apa efeknya karena orangtuanya sendiri tak tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan smartphone tersebut.

Nah, idealnya anda sebagai orangtua harus berperan aktif juga, sama halnya seperti menonton televisi. Boleh-boleh saja anak menonton televisi tapi batasi waktu mereka, dan hindarkan dari tayangan yang tidak mendidik.

Baca Juga : 3 Tips : Anak Agar Suka Makanan SEHAT

Orangtua akan bisa mengontrol anak untuk yang satu ini (tv), tapi bagaimana bila seperti penggunaan smartphone yang kadang orangtua malah tak mengikuti perkembangan benda yang satu ini. Karena memang pada kenyataanya masih banyak orangtua yang belum paham benar apa saja fungsi dan terlebih lagi bila anak sudah tau adanya media social berbagai wadah komunikasi di media social bisa dijadikan sarana apapun oleh anak. Dan banyak tindak kejahatan pun bermula dari sini.

Karena nnak masa kini memiliki pemahaman yang luas tentang teknologi. Apa saja yang perlu dilakukan orang tua agar sama 'melek media'-nya dengan anak?

1.IKUT BELAJAR

Satu-satunya cara agar orang tua dan anak tidak saling terasing dan ngotot pada cara belajar masing-masing adalah dengan ikut belajar tentang perkembangan digital terkini bersama anak. Pikirkan bagaimana tren digital terbaru bisa jadi alat belajar untuk anak.

2.MENGUSAHAKAN KESEIMBANGAN

Teknologi digital dapat menghadirkan banyak hal positif dalam belajar, menawarkan kegiatan menantang, dan kesempatan untuk belajar menyelesaikan masalah sehari-hari. Namun, pastikan anak-anak memiliki kegiatan yang beragam untuk mendukung kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan mereka.

Baca Juga : HATI-HATI : Ancaman Serius dari Game Pokemon GO

3.MENJADI TELADAN

Untuk melek media dan menjadi pemelajar sepanjang hayat, termasuk bersemangat belajar hal baru secara mandiri, anak-anak masih melihat kepada orang tuanya. Contoh yang sederhana adalah bagaimana etika di dunia maya. Ingat, di dunia tanpa batas, kita adalah juga rekan belajar mereka. Be a role model!

Jadi agar tak ketinggalan dengan anak, dan bisa mengawasi anak atas apa yang dilakukan mereka, serta mengerti sisi positif dan negative dari apa yang di mainkan oleh anak. Maka sebagai orangtua dapat berkomunikasi untuk membimbing anak, agar dapat memanfaatkan tekhnologi untuk kegiatan yang positif saja.
SHARE ARTIKEL