Meski Menuai Kontroversi Smartphone Dengan Harga Rp. 50 Ribu Ini Akan Segera Diedarkan

Penulis Penulis | Ditayangkan 02 Jul 2016
Meski Menuai Kontroversi Smartphone Dengan Harga Rp. 50 Ribu Ini Akan Segera Diedarkan

Masih ingat dengan Freedom 251?, smartphone pabrikan India yang disebut smartphone paling murah di dunia karena hanya dibandrol dengan harga 4 dollar atau setara 50 ribu rupiah akhirnya benar-benar mempunyai tanggal rilis. Meski tidak diketahui bagaimana perusahaan Ringing Bells bisa menawarkan harga yang sangat rendah untuk smartphone Android 4 incinya tersebut, namun dilansir dari GSM ARENA perusahaan mengumumkan akan mengapalkan tak kurang dari 200 ribu unit Freedom 251 kepada para pemesannya pada 30 Juni mendatang.

Seperti yang dilansir dari Detik.com Mohit Goel selaku CEO perusahaan tersebut mengatakan bahwa perusahaan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan software untuk memasukkan softwarenya preinstalled ke dalam handphone tersebut sehingga harga handphone ini bisa dipangkas menjadi 251 rupee atau 4 dollar karena itulah ponsel ini dinamai Freedom 251. Selain itu Mohit Goel juga mengatakan misinya untuk menghadirkan ponsel murah di India bukanlah masalah bisnis namun ingin menjadikan negaranya lebih maju “Bagaimanapun, ini adalah ide smartphone murah yang ingin saya tunjukkan kepada negara. Saya bukan Ambani (seorang pebisnis terkenal di India), Saya di sini tidak untuk membuat money (uang). Saya melakukan ini untuk negaraku, untuk membantu negara ini menjadi go digital.”

Meskipun harga yang di tawarkan sangat murah namun spesifikasinya sangatlah lumayarn untuk entry level dan jika diharga normal ponsel ini setara dengan ponsel 700 ribuan. Freedom 251 memiliki layar IPS 4 inci dengan resolusi 960 x 540, layarnya bisa dibilang memberikan display yang cukup bagus. Antarmuka yang disuguhkan bergaya iPhone meski sistem operasi yang digunakan adalah Android 5.1.

Dari sisi performa ponsel ini dibekali dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz yang didampingi dengan memori ram 1GB. Sektor grafis juga telah didukung dengan pengolah grafis mumpuni Mali-400MP2.

Konektifitas dan fiturnya juga lengkap. Ada kamera belakang 3,2 megapiksel fixed focus lengkap dengan LED flash dan kamera depan 0,3 megapiksel yang cukup untuk selfie maupun video call. Jaringan lengkap mulai dari 3G HSPA, Wi-Fi, Bluetooth dan dual sim.

Kapan lagi bisa mendapatkan akses digital yang terjangkau seperti di India. Memberikan akses semurah mungkin memang ide yang bagus dan mulia namun hal ini juga harus diimbangi dengan mental dari para penggunanya. Bagaimana menurut anda? Akankah smartphone murah juga bakal hadir di Indonesia?
SHARE ARTIKEL