Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul di Gua Pangandaran Dengan 7 Orang Istrinya

Penulis Penulis | Ditayangkan 26 Jul 2016
Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul di Gua Pangandaran Dengan 7 Orang Istrinya

Selain dikenal dengan pantainya, Pangandaran juga punya banyak kisah mistis. Salah satunya tentang makam yang dipercaya milik anak angkat Nyi Roro Kidul.

Keunikan itu pun dapat dijumpai oleh traveler yang singgah ke kawasan Cagar Alam Pangandaran yang terletak di sisi kanan Pantai Barat. detikTravel pun sempat singgah dan melihat langsung makamnya pada Minggu (24/7/2016) kemarin.

seperti yang kami lansir detik.com petunjuk makamnya yang berada di Gua Panggung pun sudah tampak ketika traveler memasuki gerbang cagar alam, di mana berada di sisi kiri jalan dari perduaan utama. Kemudian lanjut jalan sekitar 100 meter saja dan belok sedikit di sebelah kiri.

Sesuai namanya, traveler pun akan dihadapkan pada sebuah gua yang terletak persis di sisi pantai. Anda pun tidak perlu takut, karena ada pemandu yang selalu stand by dan menjaga gua sekaligus makam yang dipercaya milik anak angkat dari Nyi Roro Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul di Gua Pangandaran Dengan 7 Orang Istrinya

Saya pun ditemani oleh salah satu pemandu bernama Edward untuk melihat lebih dekat makam tersebut. Menurut Edward, awalnya gua beserta makam tersebut ditemukan oleh para tua bijak dan tak jelas kapan pertama kali ditemukannya.

"Awal ditemukannya sama orang tua bijak, gua sama makamnya sendiri baru dibuka untuk umum waktu cagar alam dibuka tahun 90-an," jelas Edward.

Sebelum saya sempat bertanya akan kisah makam di Gua Panggung tersebut, Edward pun menunjukkan sebuah tembok semen yang bertuliskan kisah dari makam yang misterius tersebut. Dijelaskan, bahwa makam itu dibuat untuk Embah Jaga Lautan yang konon adalah anak angkat sang Ratu.

Mitosnya, Embah Jaga Lautan diberi mandat untuk menjaga laut bagian Barat di daerah Pangandaran oleh Nyi Roro Kidul. Diceritakan juga beliau memiliki tujuh istri yang selaku bertengkar dan tidak pernah harmonis.

Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul di Gua Pangandaran Dengan 7 Orang Istrinya

Namun ketika sang istri ketujuh pergi memancing, ia menangkap sebuah ikan tempel pada pancingnya. Atas wejangan dari Nyi Roro Kidul, Embah Jaga Lautan pun memakan ikan tersebut bersama tujuh istrinya. Alhasil ketujuh istrinya mulai hidup rukun dan tidak bertengkar lagi.

Tapi pada suatu waktu, Embah Jaga Lautan meminta izin pada ketujuh istrinya untuk melakukan semedi di Gua Panggung untuk waktu yang lama. Waktu pun berlalu, para istri yang khawatir menengok tempat semedinya dan tidak menemukan sang suami.

Oleh sebab itu, para istri membuat makam di Gua Panggung untuk mengenang Embah Jaga Lautan yang hilang rimbanya. Gua Panggung sendiri disebut demikian karena letaknya yang sedikit menjorok di dalam gua dan berbentuk seperti panggung dari batu alami.

Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul di Gua Pangandaran Dengan 7 Orang Istrinya

Traveler pun harus menaiki sejumlah tangga untuk menuju ke Gua Panggung yang menjadi lokasi Makam Embah Jaga Lautan. Nuansa Nyi Roro Kidul pun tampak dari makam yang ditutup oleh kain dan payung berwwarna hijau.

Makam Anak Angkat Nyi Roro Kidul di Gua Pangandaran Dengan 7 Orang Istrinya

Lantas mitos yang ada membuat Gua Panggung dan Makam Embah Jaga Lautan diliputi oleh kisah mistis. Menurut Edward, para tokoh spiritual sering datang ke makam tersebut setiap malam Jumat Kliwon.

"Biasanya ada saja yang datang ke makam setiap malam Jumat Kliwon, dulu makamnya juga sempat jadi lokasi uji nyali Dunia Lain, itu yang di Trans TV," cerita Edward.

Terlepas dari benar tidaknya kisah tersebut, namun Gua Panggung dan Makam Embah Jaga Lautan menjadi salah satu atraksi wisata di Cagar Alam Pangandaran. Berhubung saya datang saat weekend, tak sedikit rombongan wisatawan yang datang.

Jika penasaran dan ingin berkunjung, Anda harus membayar tiket masuk cagar alam sebesar Rp 21 ribu saat weekend dan Rp 16 ribu saat weekday. Harga tersebut sudah termasuk asuransi jiwa. Sedangkan untuk pemandu, traveler akan dikenakan biaya tambahan.
SHARE ARTIKEL