Kurang Di Minati Netizen, Yahoo Mesengger Akan Dimatikan Pada 5 Agustus 2016

Penulis Penulis | Ditayangkan 05 Jul 2016

Kurang Di Minati Netizen, Yahoo Mesengger Akan Dimatikan Pada 5 Agustus 2016

Akhirnya diera persaingan aplikasi chat yang sangat ketat, Yahoo Messenger versi lama menyerah dan secara terang-terangan pamit bahwa YM (sapaan akrabnya) akan resmi dimatikan tanggal 5 Agustus 2016. Otomatis setelah tanggal itu YM tidak akan bisa lagi diakses.

“Kami menyediakan interoperasi di antara produk lama dan Messenger yang baru. Kepada semua pengguna, kami mendorong mereka untuk menyelesaikan transisi ke Yahoo Messenger baru, karena kami tidak akan lagi mendukung platform lama mulai 5 Agustus 2016,” kata Chief Architect Yahoo Amotz Maimon, dikutip dari The Inquisitr.

Yahoo ingin fokus pada tujuh produk andalannya akan berkonsentrasi pada tujuh produk utamanya, yakni Mail, Search, Tumblr, News, Sports, Finance dan Lifestyles.

“Guna merampingkan dan menyederhanakan produk bagi komunitas publisher, kami menghentikan Yahoo Recommends mulai 1 September 2016,” tambah Maimon.

dikutip dari detik.com penutupan YM itu sendiri dimaksudkan agar para pengguna segera move on ke yahoo messenger terbaru. Seperti diketahui Desember tahun lalu, Yahoo meluncurkan aplikasi Messenger terbarunya untuk Android, iOS dan web. Keunggulan dari versi terbaru ini antara lain terintegrasi dengan Flickr, Tumblr dan Xobni. Di versi terbaru pengguna bisa berbagi foto berukuran besar dan beresolusi tinggi langsung dari Flickr dan Xobni. Percakapan di Yahoo Messenger juga diklaim lebih berwarna dan seru, karena pengguna bisa menambahkan animasi dalam format GIF langsung dari Tumblr.

Ngomongin soal YM versi lawas, bagi yang aktif didunia maya pasti punya kenangan-kenagan tersendiri karena dulu belum ada yang namanya WA, BBM, FB dll jadi YM sangat diandalkan kala itu. Aku sendiri sudah lama gak login YM, mendengar YM bakalan dimatikan mendadak login lalu mengenang masa-masa bersamanya. Nama akun YM-ku sangat alay, karena saat itu maunya main-main didunia maya gak pakai nama asli gitu.

Dulu awal ngeblog suka banget pasang kontak YM di blog. Dari situ juga aku bisa dikontak teman lama (teman SMP dan SMA). Mereka nemu kontak-ku di blog gitu, selain itu juga dapat teman ngeblog biasa dulu saling tanya soal blog. Dengan YM juga bisa chat bareng dengan teman berbagai kota, ceritanya kalo rapat-rapat via YM gitu (*tapi aku ingat kerjaan yang dirapatin via YM dulu itu adalah proyek gagal). Terus dulu itu juga ada chat room yang bisa menghubungkan pengguna ke semua orang dari berbagai negara didunia gitu kan. Aku dulu pernah iseng masuk ke room web desain, padahal aslinya aku tak tau soal web desain dan dari situ dapat teman yang memang beneran tukang desain web, IM dll tapi banyak juga yang resek karena tujuannya chat buat nyari teman nganu gitu.

Lalu dari YM juga dapat teman baru yang sampai sekarang tak saling ketemu secara langsung tapi masih selalu kontak bahkan kerjasama, tapi kontak-kontaknya sudah pindah sih gak lagi via YM tapi ke BBM.

Lalu? ya sudah deh! semalat tinggal YM lama, biar bagaimanapun kau juga berjasa dalam sejarahku mengarungi dunia maya, karenamu aku bisa terhubung dengan teman lama bahkan mendapat teman baru. Versi baru aku belum nyoba sih, belum minat.
SHARE ARTIKEL