Kenapa Wanita Dilarang Nikahi Lebih dari Satu Pria? Berikut penjelasanya!

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 10 Jul 2016
Kenapa Wanita Dilarang Nikahi Lebih dari Satu Pria? Berikut penjelasanya!
Ilustrasi wanita dengan banyak pria
Dalam islam seorang laki-laki diperbolehkan menikahi lebih dari satu wanita, hal ini yang kita sebut sebagai poligami. Tentunya selain poligami masyarakat kita juga mengenal istilah poliandri. Dan praktek poligami adalah hal lazim bahkan sudah sering kita jumpai di tengah masyarakat. Bahkan tak hanya dalam islam, masyarakatpun sudah wajar bila poligami ini terjadi. Nabi Muhammad SAW pun memiliki istri lebih dari satu.

Namun sebaliknya, poliandri menjadi sesuatu yang tak lazim bahkan cenderung menyimpang dari kebiasaan masyarakat. Islam pun melarang praktek poliandri, di mana seorang perempuan memiliki suami lebih dari satu.

Kenapa seorang wanita tidak boleh memiliki lebih dari satu suami? Berikut penjelasanya !

Secara biologis, seorang pria lebih mudah melakuan tugasnya sebagai suami meskipun mempunyai beberapa istri. Apabila wanita yang memiliki beberapa suami maka tidak mungkin ia bisa melakukan semua tugasnya dengan baik. Hal ini disebabkan karena beberapa perubahan perilaku dan psikologis wanita sebab fase-fase dari siklus haid.

Apabila seorang wanita memiliki lebih dari satu suami dan ketika sang istri hamil dan memiliki anak maka anak itu akan sulit diidentifikasi siapakah ayahnya. Dalam hal ini hanya ibulah yang dapat diidentifikasi. Padahal Islam sangat memperhatikan identifikasi kedua orang tuanya, baik ibu atau ayahnya.

Sedangkan menurut psikologis, seorang anak yang lahir dan tidak tahu siapa ayahnya, maka akan terjadi trauma mental yang cukup berat, bahkan gangguan kejiwaan. Masa kecil, hidup mereka tidak bahagia dan tidak mengalami perkembangan sebagaimana mestinya. Namun, di zaman sekarang kita sudah memiliki teknologi yang canggih, termasuk di dalam dunia medis. Kita dapat melakukan pengujian genetik sehingga bisa tahu siapa ayah anak itu. Meskipun dalam hal biologis kini tidak lagi ada masalah, tapi kita juga harus memperhatikan keadaan psikilogis sang anak.

Baca Juga : Bolehkah Suami Cukur Bulu Kemaluan Istri dan Sebaliknya?

Apabila seorang wanita memiliki suami lebih dari satu maka dapat diartikan bahwa wanita itu juga memiliki beberapa pasangan bercinta. Ketika mereka sedang melakukan hubungan intim, maka sang istri akan lebih rentan tertular penyakit kelamin. Meskipun sang suami tidak melakukan hubungan intim di luar nikah, tapi hal ini masih bisa terjadi. Penyakit menular ini akan lebih membahayakan sang istri, sedangkan pria yang memiliki istri lebih dari satu tidak akan terkena dengan penyakit ini.

Secara naluriah, seorang pria lebih menyukai poligami daripada wanita. Hal ini terbukti bahwa pria lebih banyak menikah dengan beberapa wanita dibanding wanita yang menikah dengan beberapa pria.

Berdasarkan penjelasan mengapa wanita diharamkan memiliki banyak suami tersebut, pantaslah jika poliandri memang dilarang di dalam Islam. Selain dari sisi kesehatan biologis sang ibu, poliandri juga berbahaya untuk kesehatan mental sang anak.

Selain karena agama mengajarkan wanita tidak boleh menikahi lebih dari satu pria. Memang dari banyak sudut pandang, wanita tidak diperbolehkan memiliki lebih dari satu suami. Baik kejiwaan, kesehatan maupun untuk keturunanya.
SHARE ARTIKEL