Bolehkah Suami Cukur Bulu Kemaluan Istri dan Sebaliknya?

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 26 Jun 2016

Bolehkah Suami Cukur Bulu Kemaluan Istri dan Sebaliknya?
Ilustrasi (emaze.com)
Telah dibahas pada artikel sebelumnya, (baca : Kemanfaatan Mencukur Bulu Kemaluan Dan Hukumnya Menurut Islam) bahwa mencukur bulu kemaluan itu ada merupakan salah satu sunnah. Dan itu sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwa Istihdad (mencukur bulu kemaluan) merupakan salah satu sunnah fitrah.

"Ada lima hal yang termasuk fitrah: khitan, istihdad, mencabut bulu ketiak, memotong kuku dan memangkas kumis". (HR. Bukhari dan Muslim)

Lima manfaat istihdad telah diketahui di zaman modern yakni kebersihan terjaga, terhindar dari bau, sehat, meningkatkan sensitifitas saat berhubungan dan lebih higienis bagi wanita.
Lalu ada pertanyaan, bolehkan istihdad dilakukan oleh suami karena alasan agak sulit menggunting bulu-bulu itu sendiri, agar lebih mesra atau alasan lainnya?

Baca Juga : Naudzubillah, Inilah Orang yang Paling Jahat di Sisi Allah Saat Kiamat.

Karena saat suami membantu istrinya melakukan istihdad pasti akan melihat aurat inti istri, maka ada dua pendapat ulama dikutip dari dream.

Pertama, makruh. Ulama yang memakruhkannya berdalil dengan hadits riwayat Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa ia mengatakan:

"Aku tidak pernah memandang kemaluan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sama sekali". (HR. Ibnu Majah)

Kedua, mubah. Dan ini pendapat jumhur ulama yang menilai hadits Aisyah tersebut dhaif sebagaimana disebutkan Al Hafizh Ibnu Rajab.

Selain itu, dalil lainnya adalah riwayat Aisyah dalam Bukhari dan Muslim bahwa ia berkata:

"Aku pernah mandi bersama Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dari satu bejana antara aku dan beliau. Kemudian beliau bergegas-gegas denganku mengambil air, hingga aku mengatakan: tinggalkan air untukku, tinggalkan air untukku". Ia berkata; "Mereka berdua saat itu dalam kondisi junub". (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam Fathul Bari dijelaskan, bahwa ulama seperti Ad Daudi berdalil dengan hadits ini terkait bolehnya suami memandang aurat istrinya.

Hadits lain yang menjadi pegangan bagi ulama yang membolehkan suami melihat aurat istrinya adalah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
"Jagalah auratmu kecuali dari istrimu". (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; hasan)

Ibnu Hajar Al Asqalani menjelaskan, hadits ini menunjukkan bolehnya seorang istri melihat aurat istrinya.
Ibnu Hazm Azh Zhahiri menegaskan, “Boleh bagi suami untuk memandang ‘milik’ istri sebagaimana istri juga boleh memandang ‘milik’ suami. Hal itu tidak dianggap makruh sama sekali.”
Wallahu a'lam

Kemudian kapankah saat yang tepat untuk Istihdad
Sayyid Sabiq menjelaskan, menggunting bulu ‘rahasia’ itu disunnahkan setiap pekan. Sedangkan maksimalnya, paling lama seseorang diperbolehkan membiarkan bulu ‘rahasia’ itu selama empat puluh hari. Tidak boleh lebih.

Sebagaimana hadits dari Anas radhiyallahu ‘anhu:

"(Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam) memberi tempo kepada kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan menggunting bulu kemaluan agar tidak dibiarkan begitu saja lebih dari empat puluh malam". (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Baca Juga : Inilah 8 Manfaat Wudhu, Dijabarkan Secara Medis. MasyaAllah, Sungguh Besar Bagi Kesehatan.

MasyaAllah, hingga hal sedetil itu telah dianjurkan dalam Islam sejak zaman dahulu mengingat pentingya akan manfaatnya yang telah diketahui pada zaman modern ini yaitu kebersihan terjaga, terhindar dari bau, sehat, meningkatkan sensitifitas saat berhubungan dan lebih higienis bagi wanita. Semoga semakin menambah iman dan ketaqwaan kita. Aamiin.
SHARE ARTIKEL