Kenapa Puasa Syawal Setara Berpuasa Setahun Penuh? Ini Penjelasanya.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 10 Jul 2016
Kenapa Puasa Syawal Setara Berpuasa Setahun Penuh? Ini Penjelasanya.

Mungkin kita sudah tahu bahwa puasa Syawal diganjar oleh Allah dengan pahala puasa selama satu tahun penuh dari hadits, meskipun tak dapat dielakkan bahwa hadits tersebut merupakan hadits shahih. Tapi ternyata juga dijelaskan secara gamblang.

Berikut sebuah hadist dari Tsauban, bekas budak Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,

"Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal." (HR. Ibnu Majah no. 1715. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca Juga : Tata Cara Puasa Syawal

Disebutkan bahwa setiap kebaikan akan dibalas minimal dengan sepuluh kebaikan yang semisal. Ini menunjukkan bahwa puasa Ramadan sebulan penuh akan dibalas dengan 10 bulan kebaikan puasa.

Sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal akan dibalas minimal dengan 60 hari (2 bulan) kebaikan puasa. Jika dijumlah, seseorang sama saja melaksanakan puasa 10 bulan + 2 bulan sama dengan 12 bulan.

Itulah mengapa orang yang melakukan puasa Syawal bisa mendapatkan ganjaran puasa setahun penuh.  MasyaAllah semoga segala amalan ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb