Kebanyakan Main Internet Bikin Sistem Imun Drop, Ini Penjelasanya!

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 12 Jul 2016

Kebanyakan Main Internet Bikin Sistem Imun Drop, Ini Penjelasanya!
Penelitian membuktikan bahwa menggunakan internet terlalu lama dapat picu depresi dan turunkan imun
Saat ini kebutuhan akan internet seakan menjadi kebutuhan pokok, karena banyak juga pekerjaan yang mesti terhubung dengan dunia maya ini. Bahkan saat ini ada banyak orang yang menggantungkan penghasilanya dari jagad maya ini. Kelihatanya menarik ya? Tetapi ada studi membeberkan bahwa terlalu banyak menggunakan internet bisa memicu stress.

Konsumsi internet terlalu banyak dan sering juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini merusak sistem imun, sehingga membuat Anda menjadi lebih rentan terkena penyakit ringan.

Ya, peneliti dari Swansea dan Milan menemukan bahwa semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk online, maka semakin besar risiko Anda untuk terserang flu atau pilek.

"Mereka yang terlalu sering berselancar di dunia internet dalam waktu lama, sangat rentan mengalami flu atau pilek. Ini karena penggunaan internet secara berlebihan merusak sistem kekebalan tubuh," tulis para peneliti, seperti dikutip dari DailyMail.

Dalam studi ini, para peneliti melakukan survei terhadap 500 responden berusia 18-101 tahun. Sekitar 40 persen di antaranya mengaku kecanduan internet. Peneliti menemukan bahwa 30 persen responden dalam kelompok tersebut lebih berisiko mengalami flu dan pilek, dibandingkan dengan kelompok yang jarang bermain internet.

Baca Juga : Ternyata Sangat Mudah, Mengobati Penyakit Amandel Tanpa Operasi

"Kondisi ini terjadi karena pengguna internet sangat rentan mengalami stres, terutama ketika hubungan internet tengah terputus. Siklus ini memicu stres dan menyebabkan tingkat kortisol berfluktuasi. Hormon ini memengaruhi fungsi kekebalan tubuh," ungkapnya.

Menurut Prof Phil Reed dari Swansea University's College of Human and Health Sciences, selain menurunkan imun, terlalu banyak menggunakan internet juga memberikan dampak lain bagi kesehatan. Di antaranya depresi, kurang tidur, dan kesepian.

Maka dari itu bagi anda pekerja atau wiraswasta yang selalu berhubungan dengan dunia internet. Cobalah untuk tidak terlalu lama menggunakan internet. Bisa sesekali anda segarkan tubuh dengan sekedar berjalan, memijat jari-jari tangan atau sekedar menghirup udara segar diluar ruangan mungkin setiap 1 atau 2 jam sekali, maka hal ini dapat mengembalikan konsentrasi dan tubuh segar kembali.
SHARE ARTIKEL