Inilah Cara Sederhana Untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak.

Penulis Unknown | Ditayangkan 16 Jul 2016

 Umumnya anak mulai serius belajar membaca saat usia mereka menginjak 6 tahun, namun ayah bunda dapat mulai menumbuhkan semangat membaca mereka sejak dini, mohon digaris bawahi tujuan dari artikel ini bukan untuk membuat anak balita belajar membaca melainkan hanya mengenalkan aktifitas membaca agar mereka terbiasa dengan huruf dan angka, sehingga saat mereka belajar membaca mereka sudah familiar dengan abjad dan angka.

Inilah Cara Sederhana Untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Anak.

Ada beragam cara dan teknik yang dapat ayah bunda lakukan bersama si kecil agar semangat belajar membaca mereka mulai berkembang. Kegiatan tersebut dapat dilakukan sambil bermain jadi tidak akan membebani mereka sebelum saatnya. Berikut adalah beberapa diantaranya yang berhasil kami lansir dari muslimah:

1. Aktivitas membaca bersama. Ayah bunda dapat melakukan aktivitas ini saat jam bermain si kecil atau menjelang tidur. Pilih lah jenis buku yang sesuai dengan usia mereka. Para ahli merekomendasikan ayah bunda untuk meluangkan waktu membaca bersama si kecil setidaknya 20 menit per hari. Berikut adalah rekomendasi jenis buku untuk dibaca berdasar kelompok usia si buah hati.

Anak usia 0-1 tahun: Buku berbahan dasar kain, buku karton tebal dengan gambar dan warna-warni cerah.
Anak usia 1-3 tahun: Buku teks lagu, buku cerita pendek dengan gambar dan warna.
Anak usia 3-5 tahun: Buku alphabet, buku teks lagu, buku cerita pendek dengan gambar, serta buku ensiklopedi anak.

2. Ajukan pertanyaan. Selama membaca buku bersama jaga konsentrasi si kecil dengan cara mengajukan pertanyaan seputar topik buku yang sedang dibaca. Aktivitas bertanya mampu melatih kemampuan si kecil secara efektif dalam memahami konteks buku yang sedang dibaca. Ketika ayah bunda membaca buku bersama si kecil yang berusia 1 tahun, tanya si kecil misalnya ‘Ade liat kucing gak?’ sambil bunda menunjuk gambar kucing. Saat usia mereka menginjak 2-3 tahun lakukan aktivitas bertanya seputar topik buku yang dibaca sebelum, pada saat, dan sesudah membacanya.

3. Suri tauladan. Maksudnya si kecil cenderung akan menyukai aktifitas membaca jika anggota keluarga yang lain juga gemar membaca. Menunjukan bahwa ayah bunda juga suka membaca akan mendorong si buah hati untuk tertarik dengan buku. Jadi biasakan membaca apapun saat di rumah entah itu majalah, buku resep, koran, novel, bahkan kitab suci. Tunjukan bahwa aktivitas membaca juga dilakukan oleh orang dewasa.

4. Mengenal huruf dalam kata sederhana. Ajarkan si kecil untuk mengenal angka dan huruf melalui proses memisalkan dengan benda sekitar khususnya bagi si kecil dengan usia 3-5 tahun. Misalnya ketika mereka makan donat, tanyakan mirip huruf apa itu. Alternatif lainnya ayah bunda dapat mulai mengenalkan nama si kecil dalam bentuk susunan abjad, misalanya dengan memberikan tulisan nama si kecil di depan pintu kamar mereka atau pada mainan mereka.

Semoga dengan sedikit penjelasan diatas bisa menjadikan buah hati kita menjadi lebih gemar untuk membaca, karena kebiasan membaca harus kita tanamkan sejak dini.

SHARE ARTIKEL