Ini Dia Penyebabnya,Pemudik Sebut Tol Brebes Timur Jadi "Neraka"

Penulis Penulis | Ditayangkan 05 Jul 2016
Ini Dia Penyebabnya,Pemudik Sebut Tol Brebes Timur Jadi

Kabag Ops Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Benyamin mengakui bahwa kemacetan di pintu Tol Brebes Timur atau yang kini sering disebut Brebes Timur Exit (Brexit) masih menjadi permasalahan utama pada mudik tahun ini.

dlansir dari kompas.com Benyamin mengatakan, jika dianalisis maka ditemukan banyak faktor penyebab kemacetan terjadi di sana, di antaranya, pemudik susulan dari Jakarta yang berangkat sejak kemarin menambah terjadinya penumpukan.

Baca Juga : VIDEO: Ribuan Laron Menutupi Jalan, Pemudik Motor Berjatuhan

"Brexit sampai sekarang masih menjadi masalah, karena rupanya dari Jakarta ada susulan keberangkatan pemudik," ujar Benyamin, di NTMC Polri, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Selain itu, menurut dia, pada jalur tol Brexit hanya ada tiga barrier gate (gerbang tol). Empat barrier gate lainnya dihapus. Artinya, pengguna tinggal melintas saja di gerbang-gerbang tol itu tanpa melakukan transaksi.

Hanya ada tiga gerbang di mana pengguna tol dari Jakarta perlu melakukan transaksi, yakni di gerbang Cikarang Utama di mana pengguna mengambil tiket, lalu membayar di gerbang Palimanan, dan kemudian membayar lagi di gerbang Brebes Timur.

Akibatnya, kelancaran lalu lintas terjaga sampai akhirnya semua menumpuk di pintu keluar Brebes Timur (Brexit).

"Nah, kan lancar nih semua. Semua kendaraan los enggak ada transaksi tol, terus bayar tol cepat, lalu masuk di Brebes Timur stuck," kata Benyamin.

Kemacetan semakin diperparah dengan loket pembayaran di Brebes Timur yang hanya tersedia tiga buah. Padahal, di pintu lainnya setidaknya ada 10 loket yang tersedia. Artinya, kata Benyamin, bisa diibaratkan bahwa jalur tol dari Jakarta itu menuju Brexit semakin menyempit.


"Banyak faktor kenapa kemacetan bisa terjadi di Brexit, tapi intinya, jalan tidak menampung jumlah kendaraan," kata dia.

Pintu tol yang diresmikan oleh Jokowi pada Kamis (16/6/2016), ini menjadi sorotan. Pasalnya, gerbang tol yang digadang-gadang akan mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju Brebes ini justru menuai kemacetan panjang.

Bahkan, tiga hari jelang Lebaran, arus mudik di tol Brebes, Jawa Tengah, kian meningkat sehingga kendaraan yang akan melalui Brexit mengekor sekira 18 km.
SHARE ARTIKEL