Hujan Deras, Surabaya-Probolinggo Terputus 14 Jam

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 01 Jul 2016

Hujan Deras, Surabaya-Probolinggo Terputus 14 Jam
Kondisi Banjir Di Jalan Surabaya-Probolinggo (Sumber: Antara)
Akhir bulan Juni ini cuaca semakin tak menentu, pada Kamis (30/06/2016) kemarin dari Surabaya hingga Malang hujan deras terjadi mulai siang hingga malam hari.

Hujan deras ini dan pasang laut telah menyebabkan lima sungai di kawasan Kabupaten Pasuruan meluap bersamaan pada Kamis, pukul 03.00 WIB. Lima sungai tersebut yaitu, Sungai Kedunglarangan, Sungai Welang, Sungai Gembong, Sungai Rejoso, dan Sungai Wrati.

Kondisi itu menyebabkan banjir yang menggenangi delapan kecamatan dan jalan nasional ruas Surabaya-Probolinggo tergenangi setinggi satu meter.

"Transportasi terputus selama 14 jam. Ribuan unit rumah dan sawah terendam banjir," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, demikian dikutip dari dream.

Pada Jumat, 1 Juli 2016, banjir di Jalan Raya Rejoso sudah mulai surut dengan tinggi 10-20 cm. Menurut data BNPB, banjir menyebabkan 52.743 jiwa, 14.109 KK, terdampak.

Menurut Soetopo, intensitas hujan akan mewarnai sejumlah titik perjalanan mudik lebaran. Untuk itu, dia mengingatkan pentingnya kehatian-hatian para pemudik untuk memantau aktvitas cuaca.

"Diperkirakan selama mudik lebaran dan lebaran hujan berpotensi terjadi dengan intensitas ringan, sedang hingga tinggi di Jawa," kata dia.

Untuk anda yang berencana liburan tetap waspada, atau bisa ditunda dulu mengingat musim hujan berlanjut hingga Juli ini, menjadikan curah hujan yang tak menentu.


SHARE ARTIKEL