Demi Kehormatan Keluarga, Artis Cantik Dibunuh Kakaknya Sendiri

Penulis Penulis | Ditayangkan 18 Jul 2016

Model cantik Pakistan Qandeel Baloch tewas dibunuh di rumah keluarganya di Multan, Provinsi Punjab setelah mengunggah fotonya dengan seorang ulama terkenal. Saudara laki-lakinya, Waseem Azeem ditangkap atas dugaan pembunuhan terhadap kerabatnya itu.

Demi Kehormatan Keluarga, Artis Cantik Dibunuh Kakaknya Sendiri

Baloch menjadi artis di media sosial (sosmed) karena sejumlah fotonya yang seakan menantang norma sosial di Pakistan. Seperti diketahui, perempuan Pakistan sering mengalami penindasan oleh komunitas bahkan keluarga mereka sendiri.

Ia sempat mendapatkan sejumlah ancaman pembunuhan dan pernah mendapatkan hinaan. Namun, Baloch tetap melakukan aksinya dengan mengunggah video serta foto di Facebook. Ia beralasan ingin mengubah tipikal pemikiran kuno di kalangan warga Pakistan.

Seperti dimuat Standard, Minggu (17/7/2016), Kepala Polisi Multan, Akram Azhar, siap menjatuhkan hukuman maksimal kepada Waseem Azeem. Pria berkumis itu sudah mengakui dirinya mencekik Baloch hingga tewas. Ia beralasan aksinya itu sesuai dengan norma ‘pembunuhan terhormat’ yang marak di Pakistan.

Hampir 1000 perempuan di Pakistan dibunuh oleh kerabat dekatnya atas dasar ‘pembunuhan terhormat’. Mereka dianggap melanggar norma-norma konservatif terkait hubungan percintaan dan pernikahan. 
SHARE ARTIKEL