Amalkan 11 Amalan Ini, Setelah Meninggalkan Ramadhan

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 11 Jul 2016
Amalkan 11 Amalan Ini, Setelah Meninggalkan Ramadhan

Meskipun Ramadhan telah berlalu, tidak seharusnya semangat untuk beribadahpun ikut surut. Setiap amal diharapkan manfaatnya dalam jangka panjang. Yang sakit berikhtiar minum obat agar Allah menyembuhkan dan sekuat tenaga merawat tubuh agar tetap sehat. Yang bekerja sedapat mungkin menabung agar memiliki kehidupan yang lebih baik. Yang baru membeli kendaraan merawatnya dengan baik agar kendaraan awet dipakai.

Begitu pula dengan ibadah di bulan Ramadan yang baru saja kita lalui. Dengan rahmat Allah kita dimampukan untuk saum, semangat membaca quran, bersedekah, bergegas kemasjid untuk salat berjamaah, ringan tangan membantu orang lain, suasana penuh persaudaraan terutama saat berbuka, lisan mengalir zikir dan doa, memandang, berbicara, mendengar begitu berhati-hati dengan harapan tidak merusak amal Ramadan. Termasuk berharap Allah memberi hidayah supaya senantiasa istiqamah di bulan-bulan berikutnya.

Berikut ini 11 amalan pascaramadan yang sepatutnya senantiasa kita lakukan, dikutip dari inilah.com:

1. Bertaubat atas kekurangan beramal selama bulan Ramadan yang lalu.

Iblis berkata kepada Rabbnya, "Dengan keagungan dan kebesaran-Mu, aku tidak akan berhenti menyesatkan bani Adam selama mereka masih bernyawa." Lalu Allah berfirman,"Dengan keagungan dan kebesaran-Ku, Aku tidak akan berhenti mengampuni mereka selama mereka beristighfar." (HR. Ahmad).

2. Berharap Allah memberi hidayah dan rahmatnya.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau,karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia). (QS. Ali Imran[3]:8).

3. Semangat belajar (beli buku, ikuti majelis taklim, buka internet yang menunjang semangat ibadah, bertanya kepada yang berilmu).

Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sedekah.Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat.(HR. ar-Rabii').

Baca Juga : Ketahuilah, Posisi Duduk Seperti Ini Sangat Dimurkai Allah

4. Mendalami kehidupan orang-orang saleh, dan bertahap mengamalkannya.

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus." (QS. al-Bayyinah[98]: 5).

5. Istiqamah tilawah quran di setiap kesempatan, siapkan mushaf/download di HP.

Amal (kebaikan) yang disukai Allah ialah yang langgeng meskipun sedikit.(HR. Bukhari)

6. Salat wajib awal waktu, perbanyak langkah ke masjid, dengan tekad kuat lakukan sekuat tenaga.

Abdullah bin Masud radiyallahu anhu berkata, Saya bertanya kepada Rasulullah, Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah ?, Beliau bersabda, Salat pada waktunya, Saya bertanya, Kemudian apa lagi?, Beliau bersabda, Berbakti kepada kedua orangtua, Saya bertanya lagi, Kemudian apa lagi ?, Beliau bersabda, Berjihad (berjuang) di jalan Allah. Saya berdiam diri dari Rasulullah. Seandainya saya meminta tambah, niscaya beliau menambahkannya. (HR.Bukhari).

7. Tidak melewatkan amalan sunah, salat tahajud, dhuha, dan rawatib.

Allah Azza Wajalla berfirman (hadits Qudsi): "Hai anak Adam, luangkan waktu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku menghindarkan kamu dari kemelaratan. Kalau tidak, Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan kerja dan Aku tidak menghindarkan kamu dari kemelaratan." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

8. Berzikir di mana pun dan kapan pun, berharap merasa ditatap Allah SWT dalam setiap aktifitasnya.

"Dialah yang melihatmu ketika engkau berdiri dan juga gerak tubuhmu diantara orang-orang yang bersujud." (QS. asy-Syu'ara'[26]:218-219).

9. Anggarkan untuk bersedekah dengan rasa syukur dan yakin balasan Allah SWTitu sempurna.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda, Sedekah tidak akan mengurangi harta dan Alah akan menambah kemuliaan hamba-Nya yang pemaaf. Dan barangsiapa merendahkan diri karena mencari keridhaan Allah, maka Allah pasti meninggikan derajatnya. (HR.Muslim-Misykat).

Baca Juga : Inilah 7 Keistimewaan Bulan Syawal

10. Berteman dengan yang lebih baik ibadahnya, akhlaknya, dan amalnya.

Rasulullah saw pernah bersabda, Seseorang (diukur) berdasarkan agama temannya, maka hendaklah salah seorang di antara kamu melihat siapa yang ia jadikan kekasih (teman). (HR.Abu Daud, disahihkan Syaikh al-Albani).

11. Jagalah hati selalu.

Dasari amal dengan kasih sayang, lapang dada atas kekurangan orang lain, menjaga untuk tidak buruk sangka, banyak minta maaf dan memaafkan, menghindari bergunjing, rendah hati saat berjalan dan bersilaturrahim, tulus saat memberi, ringan hati saat membantu.

Sabda Rasulullah saw, "Sesungguhnya Allah tidak memandang pada rupa paras dan hartamu, melainkan yang dipandang-Nya ialah hati dan amal perbuatanmu."(HR. Muslim dan Ibnu Majah).

SHARE ARTIKEL