6 Tips Atasi Anak `Ngambek` Saat-saat Pertama Masuk Sekolah

Penulis Penulis | Ditayangkan 18 Jul 2016

Senin (18/7/2016) lalu adalah hari pertama dimulainya ajaran baru 2016/2017 seluruh jenjang sekolah di Indonesia. Awal masuk sekolah selalu identik dengan masa orientasi atau pengenalan sekolah. Pada jenjang Sekolah Dasar, pasti banyak dijumpai anak yang menangis atau ngambek tidak mau sekolah.

 6 Tips Atasi Anak `Ngambek` Saat-saat Pertama Masuk Sekolah

Bagaimana cara agar peralihan dari TK ke Sekolah Dasar terasa menyenangkan bagi anak. Berikut tips anak nyaman melalui masa awal persekolahan seperti diolah dari berbagai sumber, diolah dari Parents Indonesia.:

1. Ajak Bicara Si Kecil tentang Sekolah Barunya

Ajak anak melakukan pembicaraan seputar sekolah barunya sebelum hari pertama masuk sekolahnya. Agar anak mendapat gambaran yang menyenangkan tentang sekolahnya yang baru.

2. Tunjukkan Rute menyenangkan

Tunjukan hal-hal menarik yang akan ditemui sepanjang rute dari rumah menuju sekolah. Misalnya landmark kota atau perumahan, rumah-rumah kerabat yang searah dengan rute tersebut, bahkan rambu-rambu lalu lintas.

3. Kunjungi Guru dan Ruang Kelas

Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak sekolah apakah kita belah mengajak anak ke sekolah sebelum hari H untuk bertemu guru dan melihat-lihat ruang kelas.

4. Ajak Si Kecil Membeli Peralatan Sekolah

Luangkan waktu khusus pergi ke toko untuk membeli peralatan sekolah yang dibutuhkan anak. Sebelum pergi, buatlah daftar barang belanjaan (tas ransel, kotak  makanan, dan alat gambar dll). Si kecil akan sangat bersemangat memilih sendiri keperluan sekolahnya.

5. Atur penyesuaian jadwal Sekolah

Sekolah Dasar tentu punya ritme yang berbeda dengan TK. Anak akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan jadwal baru jika anda menciptakan jadwal tidur, bangun tidur, dan sarapan, yang berpatokan pada jam masuk sekolah.


6. Persiapkan diri Kita Sendiri

Apa yang kita rasakan tentang anak kita, bisa jadi kita juga takut, khawatir, meskipun kita berusaha keras menyembunyikan perasaan kita, kadang anak bisa menangkap nada bicara dan sikap kita. Ada pandangan yang mengatakan "Apa yang dirasakan anak adalah refleksi dari perasaan orang tua". Jika kita sebagai orang tua antusias dan berfikir positif mengenai hari pertama anak masuk sekolah, suka cita kita ini akan menjadi bagian dari pengalaman anak. Maka selain menyiapkan fisik dan mental anak, juga perlu menyiapkan diri kita menyambut salah satu momen berharga dalam perjalanan hidup si kecil ini.
SHARE ARTIKEL