Orangtua Harus Tahu, Inilah Komposisi Vaksin Asli dan Vaksin Palsu

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 29 Jun 2016
Orangtua Harus Tahu, Inilah Komposisi Vaksin Asli dan Vaksin Palsu
Vaksin palsu (Ilustrasi)
Berbagai vaksin untuk berbagai jenis penyakit telah diciptakan. Vaksin anak bertujuan agar anak kebal terhadap suatu jenis penyakit semenjak kecil.

Apakah anak Anda sudah mendapatkan vaksin? Vaksin merupakan virus atau bakteri yang telah dilemahkan. Pemberian vaksin ke dalam tubuh anak bertujuan untuk menciptakan kekebalan tubuh terhadap sebuah penyakit sebelum anak mengalaminya.

Namun, banyak orangtua tidak banyak mengetahui apa sebenarnya komposisi di dalam vaksin yang disuntikkan. Menurut dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD dari laman ayahbunda, kandungan yang terdapat di dalam sebuah vaksin adalah antigen.

Baca Juga : Inilah 2 Dampak Utama Vaksin Palsu untuk Kesehatan Anak.

"Komposisi utama vaksin asli adalah antigen. Antigen merupakan zat utamanya, misalnya untuk vaksin Hepatitis B maka antigen yang diambil adalah antigen Hepatitis B sehingga nantinya anak yang disuntik vaksin ini akan kebal terhadap penyakit Hepatitis B," jelas dr. Dirga. Ia juga mengatakan bahwa larutan steril serta ajuvan merupakan komposisi lain di dalam sebuah vaksin yang berguna untuk memperkuat respon sistem imun di dalam tubuh.

Dengan demikian, sangat jelas perbedaan di antara vaksin asli dan palsu sebab pada vaksin palsu komposisinya hanya terdiri dari larutan infus dan antibiotik. "Setiap vaksin palsu juga memiliki reaksi dan dampak yang berbeda, tergantung dari bahan yang dicampurkan pembuatya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui infeksinya kita harus mengetahui dulu bahan apa yang dicampurkan di dalamnya," tutup dr. Dirga.

Jadi bila anak terkena dampak dari vaksin palsu akan lebih mudah ditangani apabila diketahui komposisi vaksin yang masuk ke dalam tubuh anak.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb