Muntah Termasuk Hal yang Membatalkan Puasa, Bagaimana Hukumnya ?

Penulis Penulis | Ditayangkan 13 Jun 2016
Muntah Termasuk Hal yang Membatalkan Puasa, Bagaimana Hukumnya ?

banayak dari kalangan kita yang tidak mengetahui dan tidak sedikit pula yang mengetahui tetapi masih merasa takut akan kebenaranya sebab pengetahuan yang masih kurang mengenai hukum dan hal hal yang dapat membatalkan puasa.

Pertanyaan:

Apakah muntah bisa membatalkan puasa?

Jawaban:

Jika seseorang muntah dengan sengaja maka batallah puasanya. Dan jika muntah tidak dengan sengaja, maka tidak batal. Dalil dari masalah ini adalah hadits Abu Hurairah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang muntah dengan sengaja hendaklah dia meng-qadha’ dan barangsiapa yang muntah tidak dengan sengaja, maka tidak ada qadha’ baginya.” (HR. Abu Dawud).

Baca Juga : Video Shalat Tarawih 23 rakaat kurang dari 10 menit hebohkan para pengguna sosialmedia

Jika Anda muntah tidak karena sengaja, maka puasa Anda tidak batal. Jika seseorang merasa perutnya mual dan akan keluar sesuatu, maka kami katakan kepadanya, jangan dicegah dan jangan dipaksa-paksa untuk muntah? Bersikaplah biasa-biasa dan jangan memaksakan diri untuk memuntahkannya serta jangan ditahan-tahan. Jika Anda memaksakan diri dalam memuntahkannya, maka batallah puasa Anda dan jika dicegah akan membahayakan Anda. Maka, biarkan saja muntah itu keluar secara alami keluar tanpa ikut campur Anda, maka hal itu tidak akan membahayakan Anda dan tidak membatalkan puasa Anda.

Sumber: Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji (Fatawa Arkanul Islam), Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Darul Falah

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb