Inilah Cara Menyimpan Madu yang Benar Agar Tidak Menjadi Penyakit

Penulis | Ditayangkan 04 Jun 2016

Madu sangat kaya akan manfaat terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Madu tercipta dari olahan air sari bunga yang diolah oleh lebah madu sehingga terciptalah madu alami yang menyehatkan.

Inilah Cara Menyimpan Madu yang Benar Agar Tidak Menjadi Penyakit

BACA JUGA: Percantik Kamar Mandi Rumahmu Dengan tips Berikut Ini

Untuk mengkonsumsi madu kita tidak harus mencarinya di hutan atau memelihara lebah madu, cukup pergi ke minimarket dan kita sudah menemukan madu asli dan bahkan yang beraneka rasa. Tapi madu juga bisa kehilangan manfaatnya apabila kita menyimpannya ditempat yang salah. Tapi, Referensirumah.com punya nih tipsnya.

Madu akan kehilangan kualitasnya apabila dibiarkan ditempat terbuka, sebab madu akan menyerap air di udara. Tempat penyimpanan madu yang disarankan adalah kemasan plastik yang food grade (lihat simbol sendok garpu di bagian bawah kemasan) atau kemasan berbahan gelas.

Sebaiknya jangan menyimpan madu di dalam kemasan berbahan logam karena dapat memicu adanya reaksi kimia antara madu dan logam. Bahkan untuk menyendok madu juga sebaiknya menggunakan sendok berbahan non logam, seperti plastik atau kayu agar tidak ada reaksi kimia yang terjadi.

Madu di dalam kemasan botol atau stoples sebaiknya disimpan di tempat yang gelap (tidak terkena sinar matahari langsung) dengan suhu udara yang sejuk atau tidak panas. Bila disimpan dengan cara seperti ini, daya tahan madu bisa bertahun-tahun.

Inilah Cara Menyimpan Madu yang Benar Agar Tidak Menjadi Penyakit

Madu sebenarnya tidak perlu disimpan di dalam kulkas bila sudah disimpan dengan cara seperti tertulis diatas. Namun untuk mempertahankan kualitasnya, bisa saja madu disimpan di dalam kulkas untuk menghindarkan organisme atau proses lainnya yang bisa mengurangi kualitas madu. Namun menyimpan madu dalam kulkas dapat menyebabkan madu mengristal.

Bila madu terlihat mengristal (tampak ada butiran-butirannya), segera buka tutup kemasannya lalu letakkan botol madu dalam panci berisi air mendidih hingga madu mencair kembali. Kualitas madu tidak berkurang dengan cara seperti ini.

Tapi, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah madu juga sangat mudah menyerap bau, jadi hindarkan madu dari bau-bau yang mnyengat agar tidak menghilangkan bau khas madu. Semoga bermanfaat.

SHARE ARTIKEL