Anak Senang Gosok Gigi tanpa dipaksa, dengan Lakukan 5 Tips ini.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 15 Jun 2016
Anak Senang Gosok Gigi tanpa dipaksa, dengan Lakukan 5 Tips ini.
Mengajarkan anak, pentingnya menyikat gigi
Gigi merupakan bagian yang penting dalam system pencernaan. Karena bila makanan terkunyah sempurna, maka system pencernaan dalam tubuh akan berjalan normal, karena makanan yang halus tidak akan memberatkan system pencernaan dalam tubuh.

Mengingat pentingya gigi, kita harus menanamkan kebiasaan merawat gigi semenjak dini agar gigi anak tak sampai sakit, apalagi rusak.

Lalu bagaimana mengajarkan anak dalam merawat gigi, dilansir ohsemmama.com agar anak rajin menggosok giginya minimal 2 kali sehari. Coba terapkan 5 tips berikut ini :

1. Anak kecil lebih mudah diajari

Sebetulnya setiap kebiasaan meskipun bukan menggosok gigi, mudah diterapkan semenjak anak masih kecil. Jika kita mengajak anak mulai kecil untuk bersama dengan orang tua menggosok gigi mereka, maka mereka akan terbiasa nantinya.

Baca Juga : “Anak Suka Belajar Tapi Benci Untuk Dipaksa Belajar”, Bagaimana Seharusnya ?

2. Biarkan anak memilih sendiri

Ajak anak anda untuk memilih sikat gigi dan pasta gigi yang mereka inginkan. Tentunya dengan pengarahan orang tua, sikat gigi dan pasta gigi mana saja yang cocok untuk anak anak.

3. Gosok gigi bersama anak

Anak, kebanyakan akan menirukan tabiat orang tuanya. Jadi jangan lewatkan gosok gigi bersama buah hati anda. Jika memang pagi hari tidak sempat. Maka gosoklah gigi sebelum tidur bersama anak.

4. Berikan pujian terhadap anak

Saat anak sudah selesai menggosok gigi mereka, berikanlah pujian terhadap mereka. Meskipun mereka belum dapat menggosok gigi mereka dengan benar. Anak akan lebih semangat lagi untuk melakukanya.

Baca Juga :  Dongeng, Bukan Sekedar Pengantar Tidur. Ini Manfaat LUAR BIASA Mendongeng untuk Anak

5. Buatlah aktivitas menggosok gigi jadi menyenangkan

Bagaimana melakukan hal ini, anda dapat menggunakan boneka puppet untuk mendongeng, bahwa jika tidak mau gosok gigi, maka akan sakit gigi. Dan sakit gigi itu, rasanya sakit sekali. Atau cari video anak anak tentang gosok gigi, dan ajak mereka menonton itu. Berikan alasan kenapa mereka harus menggosok gigi.

Mungkin, untuk awalnya agak susah mengajak anak melakukan ini. Tapi bersabarlah, lakukan sedikit demi sedikit. Saat mereka mau, dan tau giginya sehat putih dan bersih. Berikan pujian kepada mereka.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb