Anak Aktif di Rumah, Tapi Pasif di Sekolah, Ini Alasanya?

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 13 Jun 2016
Anak Aktif di Rumah, Tapi Pasif di Sekolah, Ini Alasanya?
Kok bisa anak dirumah aktif, di sekolah jadi pasif
Apakah anak anda dirumah senang bertanya, bermain kesana kemari dan melakukan hal hal yang ia sukai, tetapi disekolah tidak dapat berani kepada guru ataupun lebih memilih sendiri ketimbang bermain dengan temanya.

Meski di rumah anak periang dan banyak bicara, menurut gurunya, di sekolah ia temasuk pendiam. Apakah ia merasa tidak nyaman di TK-nya? Belum tentu, Ma.

Dilansir parenting.co.id, bahwa ketika berada di lingkungan baru, anak perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Suasana di sekolah memang sangat berbeda dengan di rumah. Kalau di rumah, ia sudah sangat familiar dengan siapa pun yang ada di rumah. Sedangkan di sekolah, masih banyak yang perlu ia pelajari dan banyak orang yang belum ia kenal dengan baik. Tak heran kalau ia belum terlalu nyaman, dan itu bisa membuat ia menjadi lebih pendiam.

Baca Juga : 7 Ucapan Yang Sering Tak Disadari orang tua ini, Berdampak Buruk bagi Perkembangan Psikologis Anak

Nah, anak-anak yang ‘jago kandang’ seperti itu umumnya terbiasa menjadi pusat perhatian di rumah. Sementara di sekolah, ada banyak anak lain sehingga ia merasa kesulitan bersaing dengan teman-temannya dan merebut perhatian guru.

Jadi, bersabarlah, Ma. Berikan dukungan dengan tidak terlalu banyak menuntut. Setiap anak adalah pribadi yang unik. Meskipun perilakunya berbeda dengan teman-temannya, tidak akan selamanya seperti itu. Hanya soal waktu saja sampai ia benar-benar bisa aktif dan ceria seperti di rumah.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb