5 Hal Tentang Kehamilan, Yang Sebenarnya Hanyalah Mitos

Komentar
Bumil minum kopi
Kehamilan bagi wanita adalah momen yang sangat istimewa. Rasa bahagia akan kehadiran buah hati tentu menjadi saat-saat yang ditunggu selama masa kehamilan berlangsung. Namun dibalik kebahagiaan yang sedang dirasakan pada saat kehamilan, terdapat mitos tentang kehamilan yang tidak jarang membuat wanita was-was akan kondisi kandungannya.

Mitos tentang kehamilan yang seringkali beredar di kalangan masyarakat sedikit banyak akan mempengaruhi seorang wanita yang sedang mengandung untuk tidak melakukan hal yang dilarang menurut mitos. Rasa khawatir yang berlebihan seperti ini justru bisa membuat wanita yang sedang mengandung menjadi stress karena pengaruh mitos seputar kehamilan yang bahkan belum tentu kebenarannya.

Apalagi jika berkaca pada kebiasaan masyarakat Indonesia yang masih sering mempercayai hal-hal yang berbau mistis. Tentu mitos tentang kehamilan semacam ini perlu pembuktian lebih lanjut, meskipun terkadang mitos yang diangkat adalah berdasarkan pengalaman beberapa orang yang pernah mengalami kejadian seperti itu. Berikut beberapa mitos yang populer di kalangan wanita yang tengah mengandung.

1. Bentuk perut yang menandakan jenis kelamin

Mitos tentang kehamilan seperti ini seringkali terdengar ketika melihat bentuk perut wanita yang sedang hamil. Banyak yang berkata jika perut berbentuk bulat sempurna maka jenis kelamin si anak adalah perempuan. Ini tentu tidak berhubungan sama sekali karena bentuk perut kandungan terbentuk berdasarkan posisi janin dalam kandungan tersebut.

2. Hubungan intim disaat hamil dilarang

Ada mitos yang menyatakan jika hubungan intim di masa kehamilan bisa menyakiti bayi yang ada dalam kandungan. Ini sama sekali tidak benar, karena pada dasarnya tidak ada larangan untuk melakukan hubungan intim disaat masa kehamilan asalkan wanita tetap merasa nyaman ketika melakukannya.

3. Tanda lahir akibat kopi

Mitos tentang kehamilan yang satu ini juga cukup banyak didengar di tengah masyarakat. Yang jelas tidak ada hubungannya antara tanda lahir bayi dengan kebiasaan ibu mengkonsumsi minuman seperti kopi.

4. Tidak boleh melihat sesuatu yang jelek

Apapun yang jelek tidak boleh dilihat oleh ibu yang sedang hamil, begitu menurut mitos tentang kehamilan yang beredar. Hal ini dipercaya bisa berakibat pada anak yang sedang dikandungnya. Meskipun tidak ada fakta yang menunjukkan jika kedua hal ini berhubungan, namun ada baiknya ibu yang sedang hamil menjaga sikap dan emosinya dan lebih memperbanyak perbuatan baik agar tidak stres.

5. Jenis makanan menentukan jenis kelamin anak

Ini juga menjadi mitos tentang kehamilan yang sering dibicarakan orang. Banyak yang berpendapat jika wanita hamil sering makan sesuatu yang asam, maka anaknya adalah laki-laki. Hal semacam ini tentu bukan patokan untuk menentukan jenis kelamin anak karena tidak ada hubungannya sama sekali jenis kelamin dengan makanan yang dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga : JENIUS Itu Anugrah Bawaan Lahir, Benarkah? Simak Penjelasanya!

Itulah beberapa mitos tentang kehamilan yang sering berkembang di tengah masyarakat. Beberapa mitos memang dibuat berdasarkan pengalaman wanita yang pernah melahirkan, namun banyak juga yang sama sekali tidak masuk akal.
Berkonsultasi dengan pakar kandungan adalah cara terbaik untuk mengetahui apa yang diperbolehkan dan yang tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan berlangsung.

Karena saat ini mencari  informasi lebih mudah daripada zaman dulu. Dahulu bila ada hal-hal yang dikatakan orang tua atau tetangga tentang larangan / pantangan seputar kehamilan, mungkin bumil langsung melakukan atau mentaati hal tersebut. Alasanya adalah supaya anaknya lahir dengan sehat dan sesuai harapan orangtua.
Top