Wooow Unik !! Kata Dokter Soal Anggapan Demam Bisa Jadi Tanda si Kecil 'Mau Pintar'

 26 May 2016  Penulis
Wooow Unik !! Kata Dokter Soal Anggapan Demam Bisa Jadi Tanda si Kecil 'Mau Pintar'

Anak demam bisa membuat ayah dan ibu panik. Meskipun, patut diingat bahwa demam tidak selalu menjadi pertanda terjadi sesuatu yang bahaya pada anak.

Seperti penuturan dr Wiyarni Pambudhi SpA, demam bukanlah penyakit, melainkan alarm untuk menunjukkan terjadi sesuatu pada tubuh. Menurut wanita yang akrab disapa dr Wi ini, ketika anak demam, baiknya orang tua jangan dulu berpikir macam-macam.

"Lihat dulu apa sebabnya. Apa karena penyakit? Kalau memang karena penyakit ya jangan disepelekan. Orang tua harus tahu kapan bisa 'santai' saat anak demam. Sebab, kekurangan cairan atau kecapekan main juga bisa bikin anak demam," tutur dr Wi di sela-sela Peluncuran Buku 'Anti Panik Mengasuh Bayi (0-3 Tahun)' oleh TigaGenerasi di Rumah Ranadi, Jl Jeruk Purut, Jakarta Selatan,

Baca Juga : SADIS!!! INILAH FOTO SAAT ENO PARINAH KORBAN PEMBUNUHAN GAGANG CANGKUL DI TEMUKAN DI KAMAR KOST

Dikatakan dr Wi, demam bisa dipicu oleh infeksi virus atau bakteri, aktivitas anak yang berlebih, kelelahan, terlalu banyak stimulasi, kurang minum, dan pasca imunisasi. Patut diingat bahwa obat penurun panas hanya boleh diberikan ketika suhu tubuh anak mencapai 38,5 celcius.

Lantas, dalam kondisi bagaimana anak yang demam perlu dibawa ke dokter? dr Wi mengungkapkan, segera bawa si kecil ke dokter jika anak mengalami kejang, tampak lemah dan kurang merespons, mengalami sesak napas, dan suhu tubuhnya di atas 38,5 celcius.

Baca Juga : HEBOH !!Musa Bocah Umur 5.5 Tahun Hafal 29 Juz, Pak Pendeta, Kenapa Tidak Ada Yang Hafal Kitab Suci Kristen ? Dan Pendeta Menjawab....

"Kemudian jika demam muncul kembali setelah sempat reda dalam waktu 24 jam atau demam bertahan lebih dari 72 jam," tutup dr Wi.

Terkait kepercayaan di masyarakat bahwa demam bisa jadi tanda anak akan pintar, misalnya akan berjalan atau tumbuh gigi, dr Wi mengatakan itu tidak benar. Sebab, lagi-lagi ia mengingatkan penting sekali orang tua mengenali penyebab anak demam. Sehingga, tidak bisa dipukul rata jika anak demam berarti si anak akan 'pintar'.

Baca Juga : Heboh !!! Di Duga Kelaparan, Babi Raksasa Ini Makan Majikannya