7 Kebiasaan Ini Akan Membawa KeSUKSESan dalam Hidupmu

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 28 May 2016
Sukses itu harus

Setiap orang pasti ingin sukses. Sukses dalam pekerjaan, rumah tangga, usaha dan masih banyak lagi kesuksesan yang berbeda yang ingin dicapai tiap individu. Dan apakah sebenarnya definisi sukses itu? Sebagian besar orang selalu mengkaitkan kesuksesan hidup dengan keberhasilan secara financial, benarkah demikian ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukses berarti berhasil; beruntung. Sementara menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, sukses didefinisikan sebagai suatu kehormatan atau prestise yang dikaitkan dengan pencapaian suatu kedudukan seseorang dalam status sosialnya. Terlepas dari makna sukses yang sejati, berikut 7 kebiasaan yang kami rangkum dari buku yang berjudul Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif  karangan Stephen R. Covey, yang harus kamu lakukan bila kamu ingin menjadi pribadi yang  sukses.

Kebiasaan 1: Jadilah Proaktif

Jadilah Proaktif

Definisi ringkas dari kebiasaan ini adalah mengambil inisiatif dalam kehidupan dengan menyadari bahwa keputusan kamu  adalah faktor yang sangat menentukan untuk efektifitas dalam kehidupanmu. Mengambil tanggung jawab terhadap pilihan yang kamu buat dan konsekuensi berikutnya yang mengikuti. Covey mengartikan tanggung jawab (resposibility) sebagai response - ability atau kemampuan untuk melakukan respon atas stimulus yang dihadapi. Jadi bertanggung jawablah pada dirimu sendiri, atas apa yang kamu lakukan. Ini akan berpegaruh pada setiap tindakan atau apa yang akan kamu lakukan. Karena jika kamu ceroboh, kesalahanmu menjadi tanggung jawabmu sendiri.

Kebiasaan 2: Mulailah dengan tujuan akhir

Sudah jelaskah tujuanmu...???

Penjabaran kebiasaan yang kedua ini secara ringkas adalah temukan jati dirimu sendiri dan klarifikasi nilai-nilai karakter dan tujuan hidupmu yang sangat penting. Gambarkan karakteristik ideal untuk setiap peran yang berbeda dan hubungan dalam hidupmu. Dengan ini tidak hanya visi dan misimu dimassa mendatang yang akan terlihat jelas, tapi langkah hidupmu saat ini akan terasa benar. Karena untuk berubah, mulailah meskipun dengan hal-hal kecil.

Kebiasaan 3: Dahulukan yang Utama

Prioritaskan yang tujuan utama...

Kemudian dahulukan yang utama, dimaksudkan  susunlah jadwal dari tujuan hidupmu. Rencanakan, prioritaskan, eksekusi tugas-tugas mingguan berdasarkan skala kepentinganmu. Evaluasi apakah usaha yang sudah kamu  lakukan sudah sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan. Dengan mendahulukan yang utama, maka tujuan akhirmu akan semakin terasa dekat.

Baca Juga : Agar Bayi yang Dilahirkan Berkulit Putih dan Bersih, Ibu Perlu Lakukan Ini

Kebiasaan 4: Berpikir Menang-Menang

Win win solution

Disini dimaksudkan untuk kamu bisa menghargai hubungan dengan sesama (Habluminannas). Berusahalah mencari solusi agar dalam setiap hal dalam kehidupan hubunganmu dengan orang lain mereka berpikir menang, tetapi dalam hal ini bukan berarti kamu mengalah, lebih ditekankan kepada win win solution yaitu keuntungan kedua belah pihak.

Kebiasaan 5: Berusahalah untuk mengerti orang lain dahulu, baru kemudian dimengerti

Pahamilah maksud orang lain

Hal ini yang tak banyak orang mau melakukanya, karena kebanyakan orang hanya mau didengarkan dan jarang orang yang mau menjadi pendengar yang baik. Pakailah cara mendengarkan dengan empati agar dapat benar-benar mendapat perhatian orang lain, hal ini akan mendorong mereka menunjukan rasa hormatnya kepada kamu dan berpikiran terbuka untuk memahami maksudmu. Ini menciptakan suasana kepedulian, menghormati, dan pemecahan masalah secara positif.

Kebiasaan 6: Bersinergilah

Kerjasama itu harus....

Kata yang lebih sederhana menjelaskan hal ini adalah bekerjasamalah. Menggabungkan kekuatan dari beberapa orang melalui kerjasama tim yang positif, karena untuk mencapai tujuan tidak ada satu orangpun yang bisa melakukannya sendiri. Ingat kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan kita bergantung kepada satu sama lain. Jadi bekerjasamalah untuk  mewujudkan hal yang positif.

Dan kebiasaan terakhir adalah

Kebiasaan 7: Asahlah gergajimu

Tidak ada batasan usia untuk belajar

Setelah melakukan 6 kebiasaan sebelumnya, secara jelas kamu sudah menemukan jati dirimu. Asahlah gergajimu, ya ini adalah alatmu. Pertajam kemampuanmu, kesalahan fatal yang ditemui pada umumnya adalah banyak orang terlalu focus pada kekuranganya. Hal ini menjadikan kelebihanya akan tenggelam begitu saja. Tidak mau kan hidupmu berakhir hanya memikirkan kekurangan saja. Mulailah dari sekarang. Perbaiki 4 hal ini yaitu fisik, sosial / emosional, mental, dan spiritual.

Berikut beberapa contoh kegiatan yang dapat kamu lakukan, antara lain ;

Makan makanan yang bermanfaat, olahraga, dan istirahat dalam hal fisik, kemudian Sosial / Emosional contohnya membuat hubungan sosial dan bermakna dengan orang lain, kemudian Mental bisa kamu lakukan dengan belajar, membaca, menulis, dan mengajar , untuk hal Spiritual dengan menghabiskan waktu di alam, memperluas spiritual diri melalui musik, seni, doa, atau ibadah.

Jadi jika kamu sudah mencapai kebiasaan nomor tujuh ini, bisa dibilang kamu telah berada di jalur yang tepat. Untuk menjadi baik, mulai dari diri sendiri, kemudian keseimbangan antara Habluminallah dan Habluminannas.