Wajib Tahu !! Ayam Cemani, Hewan Asli Indonesia dengan Harga Selangit Dengan Kurs Dolar Mencapai $2.500

Penulis Penulis | Ditayangkan 17 Apr 2016

 Wajib Tahu !! Ayam Cemani, Hewan Asli Indonesia dengan Harga Selangit Dengan Kurs Dolar Mencapai $2.500
Ayam cemani adalah jenis ayam yang sudah mendunia atau yang biasa dikenal dengan nama ayam kedu, ayam ini berasal dari indonesia tepatnya di daerah magelang. tidak hanya karena harganya yang sangat fantastis, tetapi juga gara-gara fisiknya yang sangat unik, aneh dan tidak ditemukan di jenis ayam lainnya. Tubuh ayam ini seluruhnya berwarna hitam pekat, baik dari bulu, daging, maupun organ dalam seperti hati, paru-paru dan lain-lain.

Ayam cemani sudah digunakan selama berabad-abad untuk tujuan ritual keagamaan dan ritual yang berbau mistis, Menurut catatan, ras lokal ini mulai ditangkarmurnikan oleh Tjokromihardjo pada tahun 1924, lalu dilanjutkan oleh dua anaknya. Khusus ayam cemani, yang paling bernilai sebagai bagian ritual atau pengobatan, terkait dengan legenda Ki Ageng Makukuhan Hewan ini pertama kali diimpor ke Eropa pada tahun 1998 oleh peternak Belanda oleh Jan Steverink.

Warna hitamnya berasal dari adanya kelebihan pigmentasi di sel dan jaringan pada tubuh ayam, yang disebabkan oleh kondisi genetik yang dikenal sebagai fibromelanosis. Gen ini juga ditemukan di beberapa keturunan unggas hitam lainnya seperti gagak yang memiliki warna hitam pekat.





Untuk berat, ayam jenis cemani yang jantan memiliki bobot sekitar 2-2,5 kg, sedangkan ayam yang betina sekitar 1,5-2 kg. Warna telur ayam cemani umumnya berwarna krem, dengan sedikit sentuhan warna merah muda. Karena keunikannya, ayam ini memiliki harga yang fantastis lho. Di Amerika Serikat saja, harganya bisa mencapai  $ 2.500. Wow!
SHARE ARTIKEL