Perhatikan Foto Ini ‘Sabtu Berdarah’, Foto yang Gemparkan Jepang Bahkan Dunia

Penulis Penulis | Ditayangkan 17 Apr 2016

 Perhatikan Foto Ini ‘Sabtu Berdarah’, Foto yang Gemparkan Jepang Bahkan Dunia

Diambil beberapa menit setelah serangan udara Jepang pada warga sipil selama Pertempuran Shanghai ‘Sabtu Berdarah’ memperlihatkan seorang bayi yang menangis seorang diri, di antara reruntuhan puing Stasiun Kereta Api Shanghai Selatan, China. Foto ini diambil beberapa menit setelah Jepang melancarkan serangan udara di atas Shanghai.

Sabtu Berdarah (Bloody Saturday, Shanghai Baby) merupakan foto yang membuat gempar negara China dan Jepang pada tahun 1937.foto itu menjadi dikenal sebagai ikon budaya menunjukkan kekejaman masa perang Jepang di Cina.

Akibat publikasi foto ‘Sabtu Berdarah’, China pun menjadi gempar. Foto tersebut dianggap menyayat rasa kemanusiaan mereka, terlebih sang bayi nampak kebingungan dan tak ada ibu di sekitarnya. Namun, pihak yang paling ‘kebakaran jenggot’ ialah Jepang, pelaku dari serangan udara tersebut.


Kabarnya, pihak nasionalis Jepang amat marah dengan adanya berita tersebut. Mereka menganggap foto tersebut ‘disengaja’, untuk menjatuhkan citra Jepang di mata dunia. Yang lebih mencengangkan, Jepang bahkan mengadakan sayembara berhadiah $50.000 bagi siapa saja yang berhasil membunuh Wong Hai-Sheng, sang fotografer.
SHARE ARTIKEL