Masih Ingat Dengan Film Ini ?? Ternyata Sifat Si Bawang Merah Tidak Seperti Yang Ada Di Film,

Penulis Penulis | Ditayangkan 19 Apr 2016

Bawang Merah Bawang Putih adalah sebuah sinetron dari Indonesia yang diproduksi MD Entertainment yang diangkat dari kisah Bawang Merah Bawang Putih, dongeng Nusantara yang populer.

Masih Ingat Dengan Film Ini ?? Ternyata Sifat Si Bawang Merah Tidak Seperti Yang Ada Di Film,

Bawang merah atau yang biasa orang indonesia menyebutnya dengan nama berambang, dan memiliki nama ilmiah Allium cepa L ini tanaman yang sangat banyak di tanam di indonesia ini dan menjadi komoditas pertanian di indonesia, bawang merah sendiri berasal dari iran, pakistan tumbuhan yang cocok di budidayakan di daerah yang beriklim dingin, trupis dan sub tropis. Umbi buah dapat langsung di konsumsi secara mentah dan lazimnya di gunakan sebagai penyedap masakan, sedangkan daunnya dapat di gunakan sebagai pewarna alami, Berambang yang memiliki bentuk umbi lapis yang berwana keungu-unguan ini  beraroma yang khas dan sangat tajam, tanaman yang tidak memiliki batang berdaun warna hijau yang memanjang, berbentuk seperti tabung dan ujung daun lancip, pada umumnya umbi dan daunnya oleh kebanyakan orang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan.

A.    Ciri-ciri Tanaman Bawang Merah :


Daun : Daun bawang berbentuk seperti pipa dan di dalamnya berongga, berwarna hijau, pada pangkal daun sedikit keras karena terdiri dari ruas ruas daun, ujung daun berbentuk lancip.
Batang : Batang daun bawang berbentuk daun.
Buah : Buah pada bawang merah berbentuk umbi yang berlapis lapis dengan warna keungu unguan dan memiliki aroma yang khas. Umbi bawang merah dapat tumbuh sebesar telur burung puyuh dari tiap 1 tumbuhan bawang merah terdapat 3 sampai 5 buah umbi. 
Bunga : Bunga bawang merah berbentuk majemuk yang berbentuk tandan  dengan 50 sampai 200 kuntum bunga, tandan bunga sangat panjang melebihi dari tinggi daunnya sendiri dengan panjang mencapai 30 sampai 50 cm. Bunga bawang merah termasuk bunga yang semprna karena setiap tangkai bunga memiliki serbuks sari dan kepala putik .

B.    Kandungan Zat


Bawang merah sangatlah lazim di temui di tiap bumbu-bumbu dan penyedap pada masakan, namun bawang merah bukan hanya dapat di gunakan sebagai penyedap masakan saja namun banyak khasiat dan manfaat yang terkandung di umbi bawang merah maupun pada daun, bawang merah dapat di gunakan sebagai obat tradisional karena flavonglikosida yang terkandung dalamnya dapat di gunakan sebagai anti radang, pembunuh bakteri, antiseptik, sedangkan kandungan saponin yang ada pada bawang merah dapat di gunakan sebagai penurun panas, mengencerkan dahak, memperlancark buang air kecil,menghangatkan tubuh, mempermudah pengeluaran angin dari dalam perut, sedangkan kandungan sulfurnya dapat di gunakan sebagai obat yang mampu mencegah kanker.

C.    Khasiat Dan Penggunaan Khasiat : 

•    Penurun demam pada anak
•    Kutu air
•    Diabetes
•    Mastitis/payudara bengkak
•    Melancarkan air seni
•    Perut kembung
•    Kerokan
•    Masuk angin
•    Hipertensi
•    Disentri

Contoh Penggunaan :

1.    Sebagai obat Disentri

Siapkan  3 bawang merah yang sudah di kupas dan di cuci bersih, ½ gelas daun patikan cina, dan sepotong pulasari semuda di cuci bersih dan iris, setelah bersih taruh di wadah mangkuk kemudian kukus semua bahan kira-kira 1 jam, kemudian tunggu hingga wadah mangkuk terisi uap air yang mendiding, saring dan peras menggunakan kain, minum air yang terkumpul di wadah 2x sehari dan ulangi hingga sembuh.

2.    Sebagai obat kutuair/kaki rangen

Siapkan semua bahan , 3 bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci, haluskan bawang merah dengan cara di parut, tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa, kemudian didihkan campuran minyak kelapa dengan bawang merah yang sudah di parut, oleskan ke sela sela jari atau bagian yang terkena kutu air, hindari tempat yang basah dan becek, sebelum mengobati hendaknya kaki di cuci bersih terlebih dahulu.

3.    Sebagai Obat Masuk Angin

Siapkan 5 bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci, haluskan bawang merah dengan cara diparut, tambahkan 1 sendok makan air larutan kapur sirih, kemudian gosokkan pada bagian perut, tengkuk,punggung dan kaki.

Itulah beberapa khasiat dan kandungan zat yang ada pada bawang merah yang sangat kaya manfaat untuk kesehatan manusia selain sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan. So, dibalik karakternya yang jahat di dalam dongeng atau cerita rakyat, ternyata bawang merah banyak manfaatnya kan...
SHARE ARTIKEL