Inilah Putusan Hakim China yang Akan Menikahkan Pasangan Gay di Changsha

Penulis Unknown | Ditayangkan 15 Apr 2016

Gay dan juga LGBT (Lesbian, Gay, Bisex, Transgender) saat ini sedang marak dan menjadi lirikan disetiap Negara di dunia. Sama dengan Negara lainnya, China juga memiliki tanggapan tersendiri mengenai LGBT. Seperti Masalah berikut ini, yang ada hubungannya dengan LGBT di China.

Hakim Pengadilan Kota Changsa, China, menolak mengizinkan pasangan gay yaitu Sun Wenling dan Hu Mingliang untuk dinikahkan. Pengadilan juga tidak mau mengerluarkan surat nikah kepada pasangan sesama Jenis Itu. Hal ini terjadi karena untuk pertama kalinya kelompok LGBT menuntut hak menikah lewat pengadilan yang terjadi di China.

NBC News melaporkan, Rabu (13/4), Shi Funong, pengacara pasangan homoseksual ini mengaku kecewa atas putusan hakim. Tapi dia optimis gugatan mereka bisa dimenangkan di pengadilan tingkat lanjut. "(Keputusan) ini sangat bertentangan dengan semangat undang-undang dan alam pikiran masyarakat China," kata Funong.

Penggugat atas nama Sun Wenlin mengatakan akan tetap mengajukan banding, hingga dia kehabisan semua pilihan hukum demi dilegalkan status pernikahannya. Gugatan Sun menyeruak seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan isu cinta sesama jenis di Negeri Tirai Bambu.

Inilah Putusan Hakim China yang Akan Menikahkan Pasangan Gay di Changsha

Sun dan pasangannya, Hu Mingliang masuk ke gedung pengadilan Distrik Furong, Rabu pagi waktu setempat dengan sorakan sedikitnya 300 warga pendukung LGBT. Pihak pengadilan hanya mengizinkan 100 orang menonton jalannya persidangan itu.

"Saya harap saya dapat menjadi jalan baik dan memungkinkan semua pasangan sesama jenis yang ingin melakukan hal ini (pernikahan). Kami akan mencoba dengan semua kemungkinan yang ada agar hal ini berhasil," kata Wenlin. Pemerintah Tiongkok bersikap abu-abu terhadap warganya yang masuk kategori LGBT. Secara legal tidak ada dasar untuk menggelar pernikahan sesama jenis.

Sejauh ini, pejabat di Beijing memberi sinyal tidak bersedia memberi ruang bagi LGBT untuk bisa menikah secara resmi.

Seperti Sun dan pasangannya yang Pro akan adanya LGBT tentunya ada pihak yang kontra dengan hal itu. Kamu termasuk yang mana guys? Semoga bermanfaat.

Sumber: instagram

SHARE ARTIKEL