Inilah Jawabanya Tanaman Moringa Yang Selama Ini Sangat Mistis Ternyata Sangat Istimewa

Penulis Penulis | Ditayangkan 18 Apr 2016

 Inilah Jawabanya Tanaman Moringa Yang Selama Ini Sangat Mistis Ternyata Sangat Istimewa
Kelor adalah jenis tumbuhan yang kurang begitu di ketahui manfaatnya bagi masyarakat indonesia, bahkan di pulau jawa daun kelor menjadi sebuah daun yang di anggap mistis karena daun kelor sendiri biasa di gunakan oleh masyarakat jawa untuk sebagai campuran sabun mandi yang khusus di gunakan untuk memandikan jenazah, menurut kepercayaan masyarakat jawa daun kelor sendiri di gunakan untuk memandikan jenazah ini dengan maksud benda benda mistis yang tertanam di dalam tubuh jenazah bisa keluar seperti susuk atau sebagainya.

Namun terlepas dari semua itu dari segi medis dan pakar herbalis daun kelor memiliki ratusan manfaat bagi kesehatan manusia menurutp penelitian dari Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar, membuktikan bahwa daun kelor sangat berkhasiat sebagai pelindung hati. Menurut dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan, misalnya luka usus dan luka lambung.

 Rebusan daun kelor dan diminum selagi masih angat Sebab, efek antioksidan yang sangat baik dalam keadaan hangat. Mengkomsumsi daun bagi bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengkonsumsi daun kelor, perbandingan daun kelor /gram : 7 x vitamin C pada jeruk 4 x calcium pada susu 4 x vitamin A pada wortel 2 x protein pada susu 3 x potasium pada pisang.

Organisasi ini juga menjadikan daun  kelor sebagai pohon ajaib setelah melakukan penelitian menemukan bahwa tumbuhan ini sangat bermanfaat sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini.  di negara-negara termiskin dan berkembang. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun yang bernama latin moringa oleifera.

Manfaat utama daun kelor adalah:

1.    Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
2.    Menyegarkan mata dan otak
3.    Meningkatkan metabolisme tubuh
4.    Memelihara sistem imunitas tubuh
5.    Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
6.    Bersifat anti-peradangan
7.    Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
8.    Mendukung kadar gula normal tubuh
9.    Meningkatkan stuktur sel tubuh
10.    Meningkatkan serum kolesterol alamiah
11.    Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
12.    Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
13.    Memperindah kulit
14.    Meningkatkan energi
15.    Memudahkan pencernaan
16.    Antioksidan

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya. Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Beberapa cara berikut dapat gunakan untuk mengolah daun kelor sebagai obat yang bermanfaat bagi kesehatan :

1.    Seperti yang sudah di ketahui banyak masyarakat indonesia cara yang paling mudah dalam mengkomsumsi obat herbal yang khususnya dari tumbuhan seperti daun kelor kita dapat mengolahnya hanya dengan merebusnya hingga mendidih dan meminum air rebusan daun kelor.
2.    Selain cara yang pertama kita juga dapat mengolah daun kelor sebagai tepung, pertama tama daun kelor yang masih segar kita keringkan terlebih dahulu dengan cara mengangin anginkan di suhu ruangan hingga daun kelor menjadi layu dan kadar air yang di dalamnya berkurang, setelah dirasa daun sudah kering kita dapat langsung menghaluskan daun kelor dengan cara di blender atau di giling, setelah daun kelor halus selanjutnya daun kelor kita saring untuk di ambil tepung daun kelor yang halus. Setelah itu kita dapat mengaplikasikan tepung kelor menjadi campuran kue atau masakan lainnya.
3.    Kita juga dapat mengolah daun kelor menjadi sayuran yang nikmat untuk di sajikan, cara yang paling mudah selain hanya dengan di rebus saja cara yang ketiga ini selain kita dapat memanfaatkan kandungan yang menyehatkan kita juga dapat menikmati rasa yang enak dari masakan yang kita sajikan dari bahan daun kelor ini .
4.    Yang terakhir tidak kalah mudah dengan cara yang sebelum sebelumnya kali ini daun kelor yang sudah kita haluskan dan sudah menjadi tepung kita campur dengan puding atau agar.
Beberapa cara di atas adalah sebagai referensi saja terlepas dari itu semua kita punya cara masing masing untuk mengambil manfaat dari tanaman yang memiliki julukan limaran “jawa”.


SHARE ARTIKEL