5 Masakan Orang Indonesia yang Sulit Ditiru Negara Lain

Penulis Vikky | Ditayangkan 25 Mar 2016

Indonesia memiliki kekayaan yang beragam dalam hal budaya, adat istiadat, hingga masakannya.

Kuliner Indonesia memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan kuliner dari negara lain.

Sehingga, banyak di antara mereka yang tidak bisa meniru ragam kuliner khas di Indonesia.

Di antaranya karena kesulitan mendapatkan bahan masakan hingga tingkat kesulitan dalam memasaknya.

Resep masakan sehari-hari yang kadang kita tidak tahu bahwa masakan tersebut merupakan salah satu makanan khas dan menggambarkan bangsa kita ini ternyata banyak kita jumpai sehari-hari mulai di rumah hingga rumah makan.

5 Makanan Indonesia yang Sulit Ditiru Negara Lain

1. Resep rawon

Rawon merupakan salah satu resep masakan khas Jawa Timur yang memiliki rasa yang unik, kenapa masakan ini sulit ditiru oleh negara lain? 

Rawon merupakan masakan yang dibuat dari bumbu yang bernama kluwek (dalam bahasa jawa) yang hanya ada di Indonesia, untuk itu sangat lucu apabila ada negara lain yang mengklaim masakan ini sedangkan bumbunya saja hanya tumbuh di Indonesia.

2. Resep masakan rendang

Resep masakan yang sulit di tiru selanjutnya adalah rendang, rendang berbahan dasar daging yang diberi bumbu rempah-rempah biasanya terkesan pedas merupakan masakan yang berasal dari minangkabau dan biasa kita dapatkan di masakan rumah padang.

Negara lain sudah mengetahui jika masakan ini adalah khas Indonesia, untuk memasak rendang sendiri dibutuhkan tangan orang asli Indonesia karena pembuatannya yang cukup sulit dengan takaran bumbu yang pas dan pengolahan yang cukup unik.

3. Gado gado

Salah satu resep masakan yang sulit ditiru oleh negara lain dan berasal dari Jawa ini adalah Gado-Gado, kenapa masakan ini sulit diklaim oleh negara lain? 

Alasan yang sederhana karena orang luar negeri sangat memperhatikan presentasi masakan tunggal berbanding terbalik dengan orang Indonesia yang suka campur-campur.

4. Resep dodol

Dodol merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang cara pembuatannya harus selalu diaduk agar tidak gosong. 

Mungkin karena hal inilah para bule sulit untuk membuatnya karena mereka tidak cakap dalam pembuatan makanan dengan cara yang sulit seperti dodol ini.

5. Gudeg

Resep masakan yang sulit ditiru oleh negara lain selanjutnya adalah masakan asal Yogyakarta yaitu gudeg. 

Hanya negara Indonesia yang mengolah nangka muda menjadi sayur. 

Apalagi cara pengolahannya cukup unik dengan campuran bumbu tradisional yang hanya ada di Indonesia, sehingga cukup lucu apabila ada negara lain yang mengklaim akan masakan ini

Itulah 5 resep masakan Indonesia yang sulit ditiru oleh negara lain, kenapa? 

Karena bumbu masakannya itu sangat rumit bagi pemuloa. Kita sebagai orang Indonesia harus bangga tinggal disini sebab kita bisa menikmati makanan-makanan tersebut

loading...