Inilah yang Pertama Kali Dilakukan oleh Rasulullah saat Masuk Rumah. Yang perlu Kita Contoh!.

Penulis Unknown | Ditayangkan 31 Mar 2016

Seorang Muslim adalah sosok yang bersungguh-sungguh dalam meneladani Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Mereka berupaya meneladani beliau di setiap waktu, dalam beragam aktivitas, sesuai dengan kemampuan terbaik yang dimilikinya. Bukan hanya tentang hal-hal besar, tetapi juga terkait dengan hal-hal terkecil sekali pun.


Inilah yang Pertama Kali Dilakukan oleh Rasulullah saat Masuk Rumah. Yang perlu Kita Contoh!.

Maka, misalnya, mereka akan mencari tahu, apakah yang pertama kali dilakukan ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam memasuki rumah dari bepergian? Makan, bersih-bersih badan, langsung mendatangi anak-anak atau istri, atau yang lainnya?

Rupanya, ketika ditanya, “Apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam ketika akan memasuki rumah?”, Ummu ‘Aisyah binti Abu Bakar ash-Shiddiq menjawab sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim, “Beliau bersiwak.”

Inilah teladan terbaik. Beliau hendak mengajarkan kepada umatnya, khususnya para suami dan bapak agar memberikan penampilan terbaik kepada istri atau anak-anak yang ditinggalkannya di rumah. Mereka yang menunggu dengan cinta berhak pula mendapatkan persembahan cinta.

Karenanya, beliau bersiwak untuk menghilangkan bau mulut dan menimbulkan wangi. Apalagi, setelah bepergian, tentu saja ada banyak pertanyaan dan perbincangan yang akan terjadi sebagaimana umumnya terjadi dalam sebuah keluarga.

Saking utamanya bersiwak (membersihkan mulut, menggosok gigi), Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam pernah menyebutkan, “Jika tidak memberatkan umatku, pastilah aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan melaksanakan shalat.” (Hr. Imam al-Bukhari dan Muslim)

Selain bersiwak saat masuk ke dalam rumah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam juga senantiasa melakukannya ketika hendak tidur, bangun dari tidur, dan akan berwudhu.

“Rasulullah tidaklah berbaring untuk tidur, baik siang atau malam-, dan tidaklah bangun dari tidurnya kecuali akan bersiwak sebelum berwudhu.” (Hr Imam Ahmad bin Hanbal dan Abu Dawud dari Ummul Mukminin ‘Aisyah binti Abu Bakar)

Hendaknya hal ini menjadi perhatian kaum Muslimin. Jangan sampai tercium bau mulut yang mengganggu orang lain ketika berinteraksi. Apalagi, dalam setiap diri kaum Muslimin terdapat pula predikat seorang dai (penyeru kebaikan).

Dr Muhammad ‘Ali Hasyimi mengatakan, “Seorang Muslim yang sadar akan berkomitmen menjaga mulutnya, berkomitmen agar tidak keluar dari mulutnya bau tidak sedap.”

Caranya, lanjut beliau dalam Membentuk Kepribadian Muslim Ideal, “Mereka membersihkan gigi setiap hari dengan siwak, sikat gigi, dan pembersih lainnya.” Jika diperlukan, terangnya, “Dia juga rutin memeriksa giginya dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, minimal sekali dalam setahun.”

Sungguh mulia sekali akhlaq Rasulullah, beliau tidak ingin mengecewakan istri dan anak-anak beliau ketika sudah pulang dari bepergian makanya beliau selalu menyempatkan waktu untuk bersiwak terlebih dahulu setelah memasuki rumah beliau. Semoga semua yang membaca artikel ini bisa melaksanakan dan meneladani sifat rasulullah yang satu ini dan semua yang telah beliau tuntunkan kepada seluruh umatnya. Wallahu A'lam

Sumber : kisah hikmah

SHARE ARTIKEL