Inilah 6 Hal Yang Sebenarnya Terjadi pada Tubuh Kita Saat Mengisap Rokok

Komentar
Rokok merupakan apa yang dipercayai oleh banyak orang di dunia berbahaya akan tetapi banyak juga dari mereka yang tetap mengkonsumsi hal itu. Padahal mereka sendiri sebenarnya mengetahui dan memahami bahaya rokok bagi kesehatan. Meski sekarang dalam penanggulangan dampak rokok, banyak kebijakan pula yang dikeluarkan pemerintah. Namun hal itu tidak menghentikan para perokok dari kebiasaan merokoknya.


Berikut 6 hal yang yang terjadi pada tubuh kita ketika menghisap rokok.

1. Otak kita akan berenang-renang di kubangan nikotin selama 10 detik.





Nikotin, zat kimia yang membuat tubuh kita makin ketagihan merokok, dapat diserap dengan cepat oleh tubuh kita. Sepuluh detik, itu waktu yang diperlukan nikotin untuk memenuhi otak kita, berdasarkan penelitian National Institute of Drug Abuse. Nikotin memicu pelepasan dopamine dari pusat otak yang mengatur kesenangan. Efek rasa senang tersebut sirna dengan cepat, membuatmu merasa mudah tersinggung, cemas, dan lapar.

2. Kemampuan paru-paru kita untuk membersihkan diri langsung lumpuh.




Ini terjadi bukan hanya karena kita menghisap tar, tembakau, dan bahan kimia lain. Paru-paru kita bisa membersihkan diri dengan rambut-rambut kecil yang disebut cilia. Mereka menyapu kotoran atau lendir ke kerongkongan untuk selanjutnya ditelan ke dalam perut. Kedengerannya seram yah. Tapi paru-paru kita melakukan hal itu tanpa kita sadari. Nah, ketika kita menghisap asap rokok, kinerja cilia melambat. Menurut penelitian University of Pittsburgh Medidal Centre, asap dari satu batang rokok bisa memperlambat kinerja cilia selama berjam-jam. Akibatnya, lendir dan bakteri tidak bisa dibersihkan dari dalam paru-paru secepat ketika kita sedang tidak merokok.

3. Pembuluh darah kita akan menyempit.




Hal ini bisa langsung berdampak negatif pada tubuh kita, seperti meningkatnya tekanan darah. Menurut British Medical Journal, setelah 20 menit, tekanan darah akan kembali turun. Oleh karena itu, jika kita memutuskan untuk berhenti merokok, kita akan langsung merasakan efeknya. Jika kita merokok dalam jangka waktu lama, jantung kita akan menjadi makin lemah. Soalnya, jantung harus bekerja lebih berat untuk memompa darah ke seluruh pembuluh darah yang menyempit.

4. Kurang oksigen dalam darah.



Jantung bertugas membawa oksigen ke seluruh organ tubuh kita supaya bisa bekerja dengan baik. Namun, karbon monoksida yang ada dalam zat kimia rokok masuk ke dalam darah dan menggantikan oksigen. Akibatnya, jantung harus memompa lebih kuat agar darah sampai di tiap organ tubuh. Menurut British Heart Foundation, menurunnya pasokan oksigen pada otak dapat menyebabkan sakit kepala, perubahan mood, dan serangan panik.

5. Kulit kita akan makin pucat.



Merokok dapat menyebabkan penuaan diri dan membuat kulit lebih pucat dari usia kita yang sesungguhnya. Tanpa kita sadari, proses ini sudah terjadi saat kita mulai menghisap rokok. Bahkan, perokok pasif yang terpapar asap rokok, akan menderita kulit kering. Aliran darah yang mengalir ke kulit juga terbatas karena menyempitnya pembuluh darah, sehingga mengurangi kadar oksigen serta nutrisi penting. Jadi, kita tahu kan apa yang harus kita lakukan supaya tetap muda dan segar.

6. Butuh waktu 48 jam sebelum nikotin dan karbon monoksida mulai meninggalkan tubuh kita



Ini berarti, efek nikotin akan bertahan lama di tubuh kita. The British Heart Foundation mengatakan, butuh waktu 48 jam sebelum tubuh kita benar-benar terbebas dari zat-zat tersebut. Kecuali, apabila kita terus merokok lagi.

Berikut bahaya rokok bagi kesehatan kita, dengan mengajak kita semua untuk hidup lebih sehat tanpa asap rokok. Demi terciptanya suasana yang sangatlah asri tanpa asap rokok dimana-mana, mengingat rokok itu sangatlah merugikan bagi perokok dan juga orang di sekitarnya.

(Sumber: wiuww)
Top