Subhanallah, Uban Ternyata Bakal Menjadi Cahaya di Hari Kiamat Kelak! Jadi Sebaiknya Jangan Dicabut, Inilah Penjelasannya

Penulis Unknown | Ditayangkan 15 Feb 2016

Uban adalah salah satu ciri ataupun tanda bahwa seseorang telah memasuki tahap lansia. Faktor usia, terkadang juga mempengaruhi kemunculan uban di rambut. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa usia remaja juga ada yang mempunyai uban di rambut.

Memang, kemunculan uban sangatlah menggangu bagi seseorang yang baru mengalaminya. Terkadang ada orang yang merasa minder memiliki uban, bahkan ada yang merasa gatal karena kemunculan uban. Karena banyak permasalahan saat memiliki uban, sebagian orang memilih untuk mencabut ubannya.

Subhanallah, Uban Ternyata Bakal Menjadi Cahaya di Hari Kiamat Kelak! Jadi Sebaiknya Jangan Dicabut, Inilah Penjelasannya

Padahal mencabut uban bukanlah solusi yang tepat, karena kamu akan menyesal. Ada sebuah riwayat mengenai Nabiyullah Ibrahim, beliau bertanya kepada Allah SWT segala hal yang perlu diketahui tentang uban. Allah Yang Maha Esa menjelaskan bahwa uban merupakan tanda kewibawaan. Mendengar hal ini, bukannya malu memiliki uban lebih banyak, Nabiyullah justru meminta uban dan kewibawaan ditambahkan ke beliau.

Kemudian ada juga kisah Nabi Ibrahim tentang uban, yaitu beliau juga meminta kepada Allah untuk menumbuhkan lebih banyak uban di kepalanya karena beliau memang tahu apa manfaat uban tersebut. Manfaat uban itu sendiri adalah sebagai penerang saat hari kiamat datang.

Dalam riwayat Imam al-Bazzar dan ath-Thabrani, juga dikisahkan seorang laki-laki yang datang menemui Nabi Muhammad SAW untuk berbicara mengenai pencabutan uban ini. Dengan lembut Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa mencabut uban sama halnya dengan mencabut cahayanya.

Nah, itulah beberapa bukti bahwa mencabut uban di kepala bukanlah solusi yang tepat. Karena sebenarnya uban yang tumbuh, akan menjadi cahaya penerang saat hari kiamat nanti. Oleh sebab itu, jangan mencabutnya atau mewarnainya. Semoga artikel ini dapat memberi informasi yang dapat menambah wawasan kita semua.

SHARE ARTIKEL