Pernahkah Kamu Berfikir, Kenapa Tuhan Menciptakan Manusia Dengan Hidung yang Memiliki 2 Lubang? Inilah Alasan Logisnya

Penulis Unknown | Ditayangkan 19 Feb 2016

Manusia diciptakan oleh tuhan dengan segala kesempurnaan yang ada. Salah satunya adalah indra, yah setiap manusia memiliki beberapa indra diantaranya adalah indra penglihatan, penciuman, pendengaran, dsb.

Akan tetapi disini hanya menjelaskan tenteng indra penciuman yang kita punya yaitu hidung. Sebagai indra penciuman, tentunya hidung mempunyai tugas khusus untuk mencium bau. Nah, hidung manusia ada banyak sekali bentuk yang berbeda yaitu ada yang hidungnya mancung ke depan ataupun ke belakang.

Pernahkah Kamu Berfikir, Kenapa Tuhan Menciptakan Manusia Dengan Hidung yang Memiliki 2 Lubang? Inilah Alasan Logisnya

Namun, ada satu hal dari hidung yang sama dengan milik semua orang yaitu memiliki 2 lubang hidung. 1 lubang di sebelah kanan, dan 1 lubang lagi di sebelah lagi. Uniknya kenapa ya hidung memiliki 2 lubang hidung dan ukuran yang sama pula?

Tentu saja, pertanyaan aneh ini sangat mudah dijawab karena jika dijawab secara logika tuhan menciptakan manusia dengan berbagai tujuan. Akan tetapi, pertanyaan ini juga bisa dijawab secara ilmiah lo.

Jika dilihat secara saksama hidung memiliki tekstur dan bentuk yang sama, tapi jika diteliti ternyata salah satu lubang hidung memiliki saluran nafas yang berbeda. Yaitu salah satunya mempunyai saluran nafas yang kecil dan satunya lagi mempunyai saluran nafas yang besar.

Jadi ketika ada udara yang masuk di saluran pernapasan yang kecil maka udara tersebut akan bergerak dengan lambat, namh sebaliknya udara yang melewati saluran pernapasan yang besar akan bergerak cepat tanpa hambatan.

Lalu cara hidung mencium bau adalah dengan menggunakan sensor pendeteksi bau yang ada pada hidung. Pendeteksi tersebut menggunakan kedua lubang hidung. Dengan kerjasama kedua lubang hidung, maka indra penciuman akan lebih tajam.

Pernahkah Kamu Berfikir, Kenapa Tuhan Menciptakan Manusia Dengan Hidung yang Memiliki 2 Lubang? Inilah Alasan Logisnya

Menurut penilitian dari dunia kesehatan telah diuji secara klinis bahwa lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan udara panas dan lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan udara dingin. Yang artinya adalah lubang hidung sebelah kanan mewakili matahari panas sementara lubang hidung sebelah kiri mewakili bulan dingin. Jadi bisa dikatakan ada perbedaan antara dua lubang hidung, lubang hidung kanan dan kiri.

Sumber : barutahu

SHARE ARTIKEL