Kalian Pecinta Kuliner? Waspadalah 5 Makanan ini bisa Berujung Kematian

Penulis Unknown | Ditayangkan 02 Feb 2016

Punya kegemaran mencoba kuliner unik dari berbagai daerah atau negara? Orang-orang dengan kegemaran tersebut tentu saja akan sangat senang jika bertemu dengan makanan unik yang belum pernah di coba sebelumnya.

Meskipun sangat menggoda, tetapi kamu harus tetap waspada terhadap apapun jenis makanan yang kamu konsumsi. Ini karena beberapa makanan yang terlihat unik tersebut menyimpan racun yang berbahaya bagi kesehatan dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Beberapa makanan tersebut mengandung racun sianida dantetrodotoxin yang jauh lebih berbahaya dari sianida.

Nah, agar kamu lebih waspada, melansir dari video yang diunggah oleh TheRiches, berikut ini merupakan lima makanan unik yang simpan efek mematikan.

1. Ikan buntal (fugu)

Kalian Pecinta Kuliner? Waspadalah 5 Makanan ini bisa Berujung Kematian

Ikan buntal yang lebih dikenal dengan nama ikan fugu ini adalah makanan lezat yang ditawarkan dari Jepang. Jika kamu tidak dengan benar mempersiapkan diri, ikan lezat ini bisa saja membunuh kamu karena dapat menyebabkan asfiksia.

Asfiksia adalah kondisi di mana terjadinya gangguan pertukaran udara pernapasan yang mengakibatkan oksigen darah berkurang yang disertai dengan peningkatan karbondioksida. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan kematian.

Tak hanya itu, ikan buntal juga mengandung racun tetrodotoxin yang mematikan. tetrodotoxin adalah zat beracun yang 1.200 kali lebih berbahaya dibandingkan dengan sianida.

2. Kerang darah

Kalian Pecinta Kuliner? Waspadalah 5 Makanan ini bisa Berujung Kematian

Siapa yang bisa menolak kelezatan yang berasal dari laut ini. Kerang darah yang khas dengan dagingnya yang berwarna merah ini adalah jenis kerang yang sering kamu jumpai di pasar.

Tak heran, jika makanan laut yang satu ini akan diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Tetapi kamu harus tetap waspada, karena di balik kelezatannya tersebut, kerang darah ternyata menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Ini karena kerang darah bisa menelan virus dan bakteri termasuk hepatitis A, tifus, disentri. Penyebabnya adalah kerang darah tinggal di lingkungan yang kurang oksigen. Untuk menghindari bahayanya, sebaiknya konsumsi kerang darah yang benar-benar matang.

3. Singkong

Kalian Pecinta Kuliner? Waspadalah 5 Makanan ini bisa Berujung Kematian

Saat berbicara tentang kuliner unik, tak jarang bahan dasar yang digunakan berasal dari singkong. Selain itu, umbi singkong juga dapat diolah menjadi tepung tapioka yang nantinya akan diubah menjadi berbagai makanan lezat seperti puding tapioka .
Makanan yang akrab di wilayah Amerika Selatan, Afrika, dan Asia termasuk Indonesia ini, diam-diam menyimpan racun mematikan di balik keeksotisannya tersebut. Selain kaya akan vitamin, protein, dan karbohidrat, singkong juga mengandung senyawa yang disebut dengan linamarine.
Meskipun senyawa ini tak beracun, tetapi ketika dia masuk dalam sistem pencernaan manusia, dia akan terurai menjadi hidrogen sianida yang mematikan.

4. Anak gurita

Kalian Pecinta Kuliner? Waspadalah 5 Makanan ini bisa Berujung Kematian

Suka makanan laut? Jika kamu adalah penggemar makanan laut, tentu kamu mengenal makanan unik yang satu ini. Tak disangkal memang, seperti halnya cumi, anak gurita memang memiliki rasa yang sangat menggugah selera makan kita.
Tak ada kandungan racun berbahaya dalam anak gurita. Hanya saja, kamu harus waspada ketika mengonsumsinya dalam bentuk masih segar atau mentah. Ini karena tentakel chop anak gurita masih bisa bergerak meskipun telah dipisahkan dengan kepalanya.
Ini akan sangat berbahaya ketika tentakel tersebut menempel di tenggorokan dan membuat kamu tersedak, karena ini pun bisa menyebabkan kematian.

5. Keluwak

Kalian Pecinta Kuliner? Waspadalah 5 Makanan ini bisa Berujung Kematian
















Keluwak atau yang dikenal juga dengan nama latin pengium edule ini merupakan rempah-rempah yang bisa dijadikan sebagai bumbu masakan,seperti rawon. Rempah yang satu ini memang cukup akrab di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.
Tetapi, siapa sangka buah keluwak ternyata mengandung hidrogen sianida yang sangat tinggi. Seperti yang kamu tahu, hidrogen sianida adalah salah satu jenis racun yang memiliki efek mematikan.
Yah itulah tadi makanan-makanan yang harus diwaspadai bagi kalian yang pecinta kuliner, karena tanpa kita sadari dibalik makanan yang lezat ternyata juga mengandung racun yang sangat berbahaya juga mematikan.
SHARE ARTIKEL