Sudah Pahamkah Kamu Tentang Dosa? Berikut Adalah Penjelasan Dosa Kecil Dan Dosa Besar Yang Harus Kamu Ketahui

Penulis Unknown | Ditayangkan 03 Jan 2016

Sudah Pahamkah Kamu Tentang Dosa? Berikut Adalah Penjelasan Dosa Kecil Dan Dosa Besar Yang Harus Kamu Ketahui
Para ulama’ beda pendapat dalam mendefinisikan dan memberi batasan perbedaan antara dosa besar dan dosa kecil. Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali menjelaskan, “Sesungguhnya setiap perbuatan maksiat yang dilakukan oleh seseorang tanpa rasa takut, khawatir dan menyesal, seperti meremehkan perbuatan dosa dan terus melakukannya secara terus menerus, maka perasaan meremehkan dan menganggap ringan suatu dosa, walaupun dosa kecil itu akan dianggap dosa besar.

Al-‘Iz bin Abdussalam menberikan batasan, “kalau anda ingin tahu perbedaan antara dosa kecil dan dosa besar, maka lihatlah perbuatan dosa itu. Jika suatu perbuatan dosa itu punya dampak yang ditimbulkan dari suatu perbuatan dosa itu. Jika dosa itu punya dampak negatif yang besar walaupun tidak ada penegasan seara eksplisit dalam nash Al-Qur’an atau Al-Hadits bahwa dosa itu dosa besar, maka dosa itu termasuk dosa besar, seperti mencela Tuhan, mencaci Rasulullah , membuang Al-Qur’an ke tempat kotoran dan lainnya...”

Sedangkan sahabat Ibnu ‘Abbas dan Al Hasan al Bahsri menjelaskan, “Dosa besar itu setiap perbuatan maksiat yang mengakibatkan ancaman haad (hukuman) di dunia atau diancam dengan kutukan dan murka Allah serta neraka di akhirat” (al-Zawajir ‘An Iqtirafi al-akbar :1/4)

Pada dasarnya perbedaan antara dosa besar dan dosa kecil itu adalah : perbuatan dosa jika diancam dengan hukuman di dunia seperti potong tangan bagi pencuri, dirajam bagi pezina dan lainnya dan itu ditegaskan dalam Al-Qur’an atau Hadits, maka itu dosa besar tetapi kalau tidak ada demikian maka itu dosa kecil. Namun, walaupun tidak ditegaskan dalam nash, jika perbuatan dosa itu mempunyai dampak negatif yang besar atau dosa kecil tetapi dikerjakan dengan terus menerus karena menganggap remeh suatu dosa, maka hal itu akan menjadi dosa besar. Semoga kita semua dapat menjahui perbuatan dosa dan jika terlanjur berbuat dosa besar atau kecil kita mendapatkan ampunan Allah SWT.

Sudah Pahamkah Kamu Tentang Dosa? Berikut Adalah Penjelasan Dosa Kecil Dan Dosa Besar Yang Harus Kamu Ketahui

SHARE ARTIKEL