Pernahkan Kamu Berfikir Ikan Penah Tidur Atau Bahkan Menguap? Penasaran? Inilah Faktanya

Penulis Unknown | Ditayangkan 01 Jan 2016

Semua makhluk hidup diciptakan untuk berkembang biak, salah satunya adalah ikan. Hewan ini hidup didalam air. Semua makhluk hidup juga membutuhkan istirahat untuk menghemat dan mengembalikan energi. Biasanya cara yang dilakukan untuk beristirahat adalah dengan tidur.
 Pernahkan Kamu Berfikir Ikan Penah Tidur Atau Bahkan Menguap? Penasaran? Inilah Faktanya


Tetapi apakah ikan pernah tidur atau menutup matanya? Jelas saja ikan tidak dapat menutup matanya karena ikan tidak punya kelopak mata. Lalu apakah ikan pernah menguap? Tentu saja ikan tidak pernah menguap karena ikan membutuhkan paru-paru dan diafragma untuk menguap yang tidak ada pada tubuh ikan.

Tapi, ikan dapat mengembalikan tenaga dengan beristirahat. Para ilmuwan mengukur tidur dengan melihat gelombang di otak. Mereka tahu kapan ikan tidur karena mereka dapat melihat gelombang otak ikan dan frekuensi gelombang akam melambat saat ikan jatuh tidur.

Beberapa ikan berdiam diri di sekitar kayu-kayuan atau batu-batuan sehingga mereka tampak seperti tidur. Beberapa hiu tetap bergerak meskipun sedang beristirahat karena cara bernapas mereka mengharuskan mereka mendorong air melalui insang. 
  Pernahkan Kamu Berfikir Ikan Penah Tidur Atau Bahkan Menguap? Penasaran? Inilah Faktanya

Menurut pandangan manusia, tidak satu pun cara ini terdengar seperti istirahat. Sebagai manusia, wajar saja tidak percaya kalau ikan tidak bisa tidur. Karena hanya orang yang mengerti saja yang dapat menjelaskan alasan kenapa ikan tidak dapat tidur, dan penjelasannya sudah ada di atas. Bagi kamu yang penasaran pasti akan tau dan tidak akan berpikir lagi kalau ikan itu bisa tidur atau tidak, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

SHARE ARTIKEL