Kenapa Ya Topi Baret Tentara Selalu Dipasang Miring? Ini Loh Alasannya

Penulis Unknown | Ditayangkan 17 Jan 2016

Bapak tentara kita, sangat dikenal sekali karena keberanian dan kegagahannya dalam membela bangsa kita. Meskipun jarang sekali ada perang, namun tentara indonesia selalu saja berlatih dan berlatih agar tidak bermalas malasan dan membangun negara Indonesia supaya terhindar dari serangan negara lain.

Kenapa Ya Topi Baret Tentara Selalu Dipasang Miring? Ini Loh Alasannya

Tetapi, jika diperhatikan dengan seksama para tentara selalu menggunakan topi yang dinamakan dengan topi baret. Yah, topi baret ini selalu digunakan oleh semua tentara kita. Pernah nggak sih kamu berfikir, kenapa ya topi baret selalu digunakan miring? Kenapa kok tidak dipakai lurus seperti topi topi biasanya?

Memang sih, topi baret bukan hanya dimiliki oleh bapak tentara saja. Melainkan bapak poilisi kita ataupun anak anak pramuka juga menggunakan topi baret. Seringkali terlihat, tentara menggunakan topi baret dengan posisi miring ke kanan ataupun miring ke kiri. Ternyata pemasangan topi baret yang miring ini mempunyai arti dan juga makna tersendiri.

Mangapa baret dipasang miring? Itulah pertanyaan pertama yang mungkin ada di benak kita sewaktu melihat baret tentara, polisi dan pramuka. Baret ini ada yang miring ke kiri dan ada yang miring ke kanan. Jadi arah miring baret mempunyai arti tersendiri.

Kenapa Ya Topi Baret Tentara Selalu Dipasang Miring? Ini Loh Alasannya

Ternyata topi baret yang dikenakan oleh bapak tentara kita memiliki arti yaitu sebagai tanda pengenal bahwa pasukan tersebut siap tempur. Di negara kita, setiap “angkatan” memiliki pasukan tempurnya, dan warna baretnya masing-masing. Contohnya adalah Baret Merah yang dimiliki oleh Kopassus, Baret hijau milik Kostrad, dll.

Nah, jadi topi baret yang digunakan miring berarti bahwa pasukan tersebut sudah siap dalam medan pertempuran. Jadi kamu nggak usah bingung lagi memikirkan kenapa topi baret digunakan miring. Semoga artikel ini bermanfaat.

SHARE ARTIKEL