Ingin Shalat Tahajud Tapi Tidak Tahu Caranya? Inilah Tata Cara Shalat Tahajud yang Benar

Penulis Unknown | Ditayangkan 21 Jan 2016
Sholat Tahajud adalah sholat malam (sholatullail). Bila kita dapat senantiasa melaksanakan sholat ini, niscaya kita akan selalu dekat dengan Allah Swt. dan dimudahkan segala keinginan dan hidup kita.

Shalat Tahajud juga merupakan salah satu shalat sunnah yang selalu didirikan oleh Rasulullah. Shalat tahajud memiliki banyak manfaat bagi umat Islam yang selalu mendirikan Shalat Tahajud.

Ingin Shalat Tahajud Tapi Tidak Tahu Caranya? Inilah Tata Cara Shalat Tahajud yang Benar

Rosulullah SAW bersabda: “Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Ingin Shalat Tahajud Tapi Tidak Tahu Caranya? Inilah Tata Cara Shalat Tahajud yang Benar

Sholat Tahajud harus dilaksanakan setelah tidur. Meskipun waktu pelaksanaanya ditetapkan sejak waktu isya’ hingga shubuh, waktu yang afdhal (waktu utama) untuk melaksanakannya adalah;

1. Sangat utama : 1/3 malam pertama ( Ba’da Isya – 22.00 )

2. Lebih utama : 1/3 malam kedua ( pukul 22.00 – 01.00 )

3. Paling utama : 1/3 malam terakhir ( pukul 01.00 – Subuh )

Jumlah Raka’at dalam Shalat Tahajud

Ingin Shalat Tahajud Tapi Tidak Tahu Caranya? Inilah Tata Cara Shalat Tahajud yang Benar

Raka’at dalam shalat malam (Tahajud) tidak dibatasi jumlahnya, tetapi paling sedikit dilaksanakan dalam 2 ( dua ) raka’at. Adapun jumlah yang paling utama adalah 11 ( sebelas ) raka’at atau 13 ( tiga belas ) raka’at, dengan 2 ( dua ) raka’at shalat Iftitah.

Tata cara (Kaifiat) mengerjakannya yang baik adalah setiap 2 ( dua ) rakaat diakhiri satu salam. Sebagaimana diterangkan oleh Rosulullah SAW :“ Shalat malam itu, dua-dua.” ( HR Ahmad, Bukhari dan Muslim ).

Menurut keterangan Said Ibnu Yazid, Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat malam 13 raka’at dengan tata cara sebagai berikut :

1. 2 raka’at shalat Iftitah.

2. 8 raka’at shalat Tahajud.

3. 3 raka’at shalat witir.

Adapun surat yang dibaca dalam shalat Tahajud adalah:

1. Pada raka’at pertama setelah surat Al-Fatihah, membaca Surat Al-Baqarah ayat 284-286.

2. Pada raka’at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah, membaca surat Ali Imron 18-19 dan 26-27.

Sekian artikel tentang tata cara sholat tahajud yang benar. Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama kaum muslim yang hendak mengerjakan sholat tahajud. Semoga dengan adanya informasi ini, dapat membuat teman-teman yang baru ingin memulai melakukan shalat Tahajud dapat lebih bersemangat untuk menghidupkan malam dengan melaksanakan shalat sunnah Tahajud.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb